Jumat, Maret 29, 2024
BerandaNasionalTerjadi Letusan di Kawah Sileri, Empat Pengunjung Terluka

Terjadi Letusan di Kawah Sileri, Empat Pengunjung Terluka

- Advertisement -

HarianNusa.com, Nasional – Pengunjung wisata Kawah Sileri yang terletak di Desa Kapakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah mendadak berhamburan. Pasalnya objek wisata kawah pada tempat tersebut mendadak mengeluarkan letupan material disertai asap yang mengepul ke udara, Minggu   (02/7) siang.

Menurut informasi Kepala Humas BMKG Pusat, Harry Tirto Djatmoko, kawah tersebut mengeluarkan letupan saat 17 pengunjung berada di daerah kawah tersebut. Alhasil empat pengunjung  terluka dan dievakuasi ke puskesmas terdekat.

“Letusan disertai dengan material lahar dingin, lumpur dan asap hingga mencapai ketinggian 50 meter, sehingga mengenai wisatawan yang saat itu berada di sekitar Kawah Sileri,” ujarnya.

Berdasarkan laporan sementara BPBD Banjarnegara, saat terjadi letusan terdapat 17 wisatawan, sementara empat orang menderita luka-luka dan dirawat di Puskesmas I Batur.

Saat ini telah diturunkan petugas dari BPBD Banjarnegara, PVBMG, TNI, Polri dan relawan lainnya. Pengunjung diminta meninggalkan lokasi semburan lahar tersebut.

Kawah Sileri diketahui merupakan objek wisata yang kerap didatangi banyak pengunjung di saat hari libur. Kawah tersebut memiliki bentuk unik berupa kepundan datar, sehingga air kawah yang selalu mendidih terus mengalir ke permukaan lebih rendah.

Aktivitas kawah tersebut sering kali meletus, sehingga menjadi kawah paling berbahaya di sana. Kawah tersebut tercatat pernah enam kali meletus, mulai tahun 1939, 1944, 1964, 1984, 2003 dan 2009. (sat)

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -