Kamis, Maret 28, 2024
BerandaKota MataramGempa 4,7 SR Mengguncang Sumbawa dan Mataram

Gempa 4,7 SR Mengguncang Sumbawa dan Mataram

- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Gempa bumi berkekuatan 4,7 skala richter (RS) mengguncang Mataram, Sumbawa dan Dempasar. Gempa bumi terjadi sekitar pukul 18.17.25 Wita, Sabtu (12/8).

“Episenter terletak pada koordinat 9,24 LS-116,72 BT, tepatnya di laut 39 Km Barat Daya Sumbawa Barat-NTB pada kedalaman 59 km,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto.

Dampak gempa bumi berdasarkan peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa wilayah Sumbawa, Mataram hingga Bali mengalami guncangan dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG atau (II-III MMI).

“Hal ini dikonfirmasi laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan lemah oleh beberapa warga setempat di wilayah Nusa Dua, dan Mataram,” pungkasnya.

Gempa bumi terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia dengan laju 70 mm/tahun. Hasil pemodelan menurut BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 19.00 WITA hasil monitoring BMKG belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan (aftershocks). Kepada warga di pesisir Selatan Lombok dan Bali diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (sat)

RELATED ARTICLES
spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Kamis, Maret 28, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -