Kamis, Maret 28, 2024
BerandaNTBWaspada Cuaca Ekstrem Selama Tiga Hari

Waspada Cuaca Ekstrem Selama Tiga Hari

- Advertisement -

HarianNusa.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengimbau masyarakat waspadai cuaca ekstrim untuk tiga hari ke depan. Kondisi ini disebabkan oleh Siklon Tropis Savannah di Samudera Hindia Barat Sumatera.

Dilansir dari keterangan tertulis Biro Hukum dan Organisasi BMKG, kondisi cuaca ini pun diakibatkan pertemuan masa udara terdapat di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Laut Banda, dan NTT dan belokan angin terdapat di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara.

Sirkulasi siklonik merupakan pusaran angin yang menyebabkan masa udara atau uap air menjadi faktor utama pembentukan dan pengumpulan awan ke pusat pusaran tersebut. Pada sekitar dan wilayah sirkulasi tersebut berpotensi terjadi pertumbuhan awan yang signifikan sehingga dapat menimbulkan hujan lebat dan cuaca ekstrem.

Konvergensi atau pertemuan sendiri merupakan gerakan aliran udara atau arah angin yang mengalir dan mengumpul pada suatu daerah. Biasanya wilayah-wilayah yang berada pada daerah pertemuan akan sangat identik dengan keadaan cuaca yang kurang bersahabat.

BMKG mengimbau cuaca ekstrem hujan lebat pada tanggal 14 Maret 2019 untuk wilayah Riau, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Untuk tanggal 15 Maret 2019 juga berpotensi hujan lebat terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Hal serupa juga berpotensi terjadi pada tanggal 16 Maret 2019 pada wilayah Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, petir pada tanggal 14 Maret 2019 berada di Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Maluku.

Pada tanggal 15 Maret 2019 wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Maluku juga berpotensi hal serupa.

Potensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/ petir pada tanggal 16 Maret 2019 juga berpotensi di wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Maluku. (sat)

RELATED ARTICLES
spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Kamis, Maret 28, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -