HarianNusa.Com – Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM melakukan tatap muka dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat se-Kabupaten Sumbawa Besar di Kantor Bupati Sumbawa Kamis, (18/7/19).

Kegiatan ini merupakan silaturahim sebagai pejabat baru Kapolda NTB dengan masyarakat Kabupaten Sumbawa Besar dengan harapan dukungan yang terus sinergi dari warga dalam mengelola kamtibmas.

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril dalam sambutannya menyampaikan bahwa situasi dan kondisi masyarakat Sumbawa masih tetap rukun dengan beraneka ragam suku bangsa yang ada. Soliditas dan sinergitas telah terbangun dengan baik. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka menciptakan kehidupan yang lebih harmonis dan toleran.

“Masyarakat Samawa sangat terbuka dengan kehadiran Kapolda NTB dan rombongan. Masukan dan saran dari masyarakat semoga dapat diterima dan bermanfaat bagi pembangunan di Kabupaten Sumbawa,” ungkapnya.

Kapolda NTB dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa jajaran Polda NTB tetap berkomitmen untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Sumbawa.

“Kami akan memaksimal stabilitas keamanan, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta optimalasi penegakan hukum terhadap kejahatan yang ada akhir-akhir ini terjadi, seperti narkoba, pencurian, dan lain-lain,” ungkap Kapolda dalam siaran pers yang disampaikan Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Purnama, S.I.K, Jumat, (19/7/19).

Kapolda juga meminta dukungan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan pembinaan ditengah keterbatasan sumberdaya yang ada melalui evaluasi gangguan kamtibmas.

“Kami akan lebih mengedepankan kepada upaya penangkalan dan pencegahan dengan melibatkan masyarakat dalam suatu Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling),” katanya.

Kapolda juga mengapresiasi situasi dan kondisi yang selama ini kondusif dan meminta agar tetap dipertahankan dan terus ditingkatkan. Menurutnya sinergitas Pemda – Polri – TNI bersama masyarakat yang terjalin dengan baik ini mampu mengelola potensi kerawanan keamanan yang ada seperti konflik sosial, masalah Pilkades dan Pilkada 2020.

“Terimakasih atas masukan dan saran dari Tokoh Adat yang sangat respon begitu ada potensi konflik dengan cepat mengatasinya, kita akan tindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemprop untuk aktualisasi Tim Penanganan Konflik,” ucap Kapolda.

“Kami pun akan terus meningkatkan apresiasi dari Pak Muhammad Ali
kinerja 3 Pilar (Babinsa-Bhabinkamtibmas-Kepala Desa) dalam mengembangkan program-program Kapolres Sumbawa,” tambahnya.

Tuan Guru Mas’un salah seorang tokoh agama setempat menyatakan menyetujui konsep hubungan Polri dan Masyarakat (Ulama-Umaro) dalam pembinaan kamtibmas, baginya strategi silaturahmi dan komunikasi dirasakan sangat besar manfaatnya.

Kegiatan silaturahmi diakhiri dengan foto bersama seluruh tokoh dengan FKPD Kabupaten Sumbawa bersama Kapolda NTB. (f3)

Komentar