HarianNusa.com – Memasuki hari kedua Operasi Patuh Gatarin 2019 di NTB, sebanyak 1.649 pengendara ditilang.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, mengatakan untuk pengendara yang diberikan teguran sebanyak 372 pengendara. Sementara pelanggar didominasi tidak menggunakan helm dengan 816 kasus pelanggaran.

Untuk pelanggar yang tidak membawa atau tidak memiliki SIM sebanyak 109 pengendara, melawan arus 73 pengendara dan 34 pengendara menggunakan HP saat berkendara.

“Sedangkan untuk roda empat petugas menilang 120 pengemudi karena tidak memakai sabuk keselamatan saat berkendara dan menilang dua orang pengemudi karena melawan arus lalu lintas,” katanya.

Kemudian dua pengemudi roda empat juga ditilang karena menggunakan HP saat berkendara.

Di hari kedua operasi juga terjadi satu kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan satu meninggal dan dua luka ringan.

Selain melakukan penindakan, petugas juga melakukan kegiatan preemtif seperti penerangan dan penyuluhan di media, rest area, tempat rawan terjadi lakalantas dan tempat di mana sering terjadi pelanggaran lalu lintas. Juga melakukan penyebaran leaflet, stiker, pemasangan spanduk dan baliho.

“Kami tetap mengharapkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya. Itu akan lebih baik sebelum terjadi kecelakaan yang tentunya akan merugikan,” imbau Kabid.

Purnama menjelaskan kecelakaan biasanya didahului oleh pelanggaran atau kelalaian. Oleh karena itu Polri mengajak masyarakat taat terhadap aturan lalulintas. (sat)

Komentar