fbpx
23 C
Mataram
Kamis, Mei 21, 2020
Update Covid-19 Indonesia
19,189
Total Kasus
Updated on 21/05/2020 4:44 am
Beranda Nasional Rakor Online dengan Ketua DPW se-Indonesia, Presiden PKS sampaikan 5 Hal ini

Rakor Online dengan Ketua DPW se-Indonesia, Presiden PKS sampaikan 5 Hal ini

HarianNusa.com, Jakarta – Ditengah pandemi wabah Covid-19, Presiden PKS H. Moh. Sohibul Iman (MSI) melakukan rapat koordinasi secara online dengan ketua pengurus wilayah PKS se-Indonesia, Ahad (28/3).

Pada kesempatan itu MSI setidaknya menyampaikan 5 hal terkait wabah virus corona baru atau Covid-19 ini.

Pertama, bahwa virus corona baru yang mengemuka pada akhir 2019 ini adalah virus yang sejenis dengan virus SARS dan MERS. Virus Corona baru ini belum ada vaksinya hingga kini.

Kedua, Penyebaran Covid-19 terjadi sangat cepat, dalam waktu singkat telah menginfeksi lebih dari 180 negara. Karena itulah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkannya sebagai pandemi, wabah yang menular dengan sangat cepat.

Ketiga, MSI menghimbau agar masyarakat khususnya kader tidak panik dalam situasi ini. Menurut statistik, kematian akibat infeksi Covid-19 ada di angka 2-3%. Karena itu kader PKS dan masyarakat diminta untuk terus menjaga imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga mampu melawan virus ini secara alami.

Keempat, MSI meminta agar bersikap proporsional dan rasional terhadap masalah ini. Jaga kesehatan dengan makan makanan yang bervitamin, terutama vitamin C dan E, olah raga yang cukup dan istirahat yang cukup.

Kelima, Pihaknya sejak awal telah menyarankan penerapan partial lockdown untuk menghambat penyebaran Covid-19. Bukan Full lockdown. Artinya, pemerintah kota dan provinsi yang terhubung langsung dengan luar negeri agar ditutup sementara aksesnya. Jika tidak maka menjadi pintu masuk bagi virus dari luar negeri, dan Lombok merupakan salah satu pintu masuk langsung dari luar negeri (Malaysia dan Singapura).

Meski awalnya kurang direspon pemerintah, MSI melihat masukan dari pihaknya ini sudah mulai menjadi perhatian penerintah, sudah mulai jadi pertimbangan dalam kebijakan kedepan.

 Bantu Pemerintah Atasi Covid-19

Selain menyampaikan kelima hal diatas, MSI juga menginstruksikan kepada DPW PKS di seluruh provinsi agar memperhatikan dan melakukan tindakan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Agar PKS Secara massiv dan terstruktur memberikan pertolongan kepada masyarakat, untuk mencegah penularan Covid-19. Misalnya pembagian masker, melakukan penyemprotan disinfektan dan hal-hal lain yang membantu masyarakat”, ujar pria berkacamata ini.

Ia juga meminta kader PKS melakukan edukasi tentang virus corona baru ini, serta mendukung dan terlibat aktif dalam gerakan masyarakat melawan Covid-19.

“Sekarang misalnya, muncul gerakan membuat 1 juta masker kain karena langka di pasaran, ini adalah bentuk hal-hal positif di masyarakat yang harus kita dukung”, imbuhnya.

Selanjutnya, MSI juga agar jajarannya memberikan bantuan kepada tenaga medis berupa Alat Perlindungan Diri (APD). Karena hal ini sangat vital bagi para tenaga medis yang menangani pasien dengan gejala Covid-19.

Terakhir, MSI menekankan pentingnya melakukan karantina mandiri dan social distancing. Hal ini memang akan berdampak langsung  pada ekonomi, terutama kepada masyarakat yang berpenghasilan harian dan menimbulkan situasi yang sulit.

Dampak ekonomi ini pada akhirnya berimbas pada kondisi sosial politik yang sulit diprediksi. Ia meminta agar pengurus PKS di wilayah memperhatikan ini, memberikan bantuan  logistik kepada seluruh kader dan masyarakat.
Sehingga tidak perlu terjadi panic buying, ataupun kekacauan dan penjarahan di masyarakat.

Ia berharap, pengurus PKS mampu membaca situasi di daerah masing masing dan mencegah hal tersebut terjadi.

“Tidak perlu panic buying, tidak  perlu menumpuk bahan makanan. Saatnya kita berhemat, belajar berhemat, saling membantu dan gotong royong ditengah masyarakat”, pungkasnya.

Berita Populer Pekan Ini

Pola Pre-Emtif Polri dalam Penanggulangan Radikalisme

H. Lalu Anggawa Nuraksi(Pemerhati Budaya Sasak) Radikalisme dalam Bahasa Indonesia berarti faham yang keras, faham yang tidak mau mengakomodir pendapat orang lain, merasa fahamnya-lah yang...

Gubernur NTB Terbitkan Keputusan Baru Soal Idul Fitri

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menerbitkan keputusan terbaru yang mengatur tentang penetapan pelaksanaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah...

SKB Tentang Salat Idul Fitri DICABUT ! Gubernur NTB Serukan Salat Idul Fitri di Rumah dan Mall Ditutup

HarianNusa.com, Mataram - Pemerintah provinsi NTB mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang diperbolehkannya Salat Idul Fitri di daerah-daerah yang dinyatakan bebas Corona.“Kami mengimbau masyarakat...

NTB Terbaik Kedua Indeks Kesembuhan dari Covid-19 di Indonesia

HarianNusa.com, Mataram - Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengikuti rapat koordinasi penanganan Covid-19 di kawasan Indonesia timur. Dalam kesempatan tersebut, Wakil...