Jumat, Maret 29, 2024
BerandaNTBAntisipasi Gelombang Tinggi, Sat Pol Airud Polres Lombok Barat Siagakan Personel dan...

Antisipasi Gelombang Tinggi, Sat Pol Airud Polres Lombok Barat Siagakan Personel dan Perlengkapan SAR

- Advertisement -

HarianNusa.com, Lombok Barat – Waspada cuaca buruk selama satu pekan ke depan, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K., melalui Kasat Polairud Polres Lobar IPDA I Gusti Made Suarjaya menyiagakan personil pada beberapa titik antisipasi Laka Laut, Jum’at. (29/05).

Cuaca buruk seperti hujan deras dan angin kencang beberapa waktu yang lalu dirasakan pada sebagian wilayah NTB khususnya yang dialami oleh Kabupaten Lombok Barat.

Curah hujan tinggi mengakibatkan gelombang pantai hingga mencapai pemukiman warga yang berada di pesisir pantai membuat Kasat Polairud mengantisipasi kemungkinan terjadi dengan mempersiapkan secara maksimal peralatannya.

Kasat Polairud mengungkapkan akan meningkatkan patroli dan memberikan imbauan dalam mengantisipasi hal terburuk khususnya meminimalisir Kecelakaan di Laut. Menurutnya, Sat Pol Airud juga mempunyai fungsi SAR, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait laka laut.

Sat Pol Airud selalu berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau perkembangan cuaca guna memaksimalkan langkah-langkah yang akan diambil. Untuk itu Kasat Polairud telah mensiagakan personelnya pada beberapa titik lokasi rawan laka laut dan meningkatkan imbauan kamtibmas terkait kondisi gelombang tinggi pada perairan wilayah hukum Polres Lombok Barat.

"Pol Airud Polres Lobar menyediakan 4 kapal patroli polisi dan 1 raber boat serta 20 personil yang akan disiagakan di 4 titik lokasi yang menjadi prioritas patroli dan imbauan yaitu pantai Selatan daerah Sekotong , Gili Nanggu, Gili Gde dan alur pelayaran kapal fery Padangbay, pantai Cemare, pantai Kuranji, pantai Induk dan Jeranjang.

Khusus keselamatan dalam penyeberangan Lembar – Padangbay, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan pihak Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Lembar. Untuk menjangkau perairan yang luas di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, soliditas dengan Basarnas NTB tetap terjalin. Bentuknya yaitu saling berkoordinasi untuk saling menutup celah lokasi yang dianggap rawan kecelakaan laut, sehingga dapat menjangkau seluruh perairan di Lombok Barat.

"Untuk mendukung kegiatan operasional Sat Pol Airud Polres Lobar menyiagakan 2 unit Kapal Patroli type C2, C3 dan 1 unit Raber Boat guna menyisir perairan tersebut," ungkapnya.

Made Suarjaya menambahkan, untuk wilayah utara meliputi pantai Senggigi – Batu Layar ,yaitu pantai Montong, pantai Duduk, pantai Senggigi dan pantai Kerandangan juga diintensifkan 3 kapal tipe C2 dan Tipe C3 serta 1 unit raber boat.

"Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," tegasnya.

Kasat Pol Airud Polres Lobar juga mengarahkan anggotanya untuk terus melaksanakan imbauan ke wilayah pesisir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan dan pengguna pariwisata baik owner maupun para ABK kapal untuk tidak melaksanakan aktifitas melaut sementara waktu demi menghindari laka laut.

"Dan mengimbau juga jika akan melaksanakan aktifitas pelayaran agar melengkapi diri dengan alat-alat keselamatan di atas kapal serta alat komunikasi standar pelayaran demi keselamatan diri," pungkasnya.

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -