fbpx
23 C
Mataram
Minggu, Februari 28, 2021
Update Covid-19 Indonesia
1,329,074
Total Kasus
Updated on 28/02/2021 6:11 am
Beranda NTB Gubernur NTB Silaturahmi dengan Warga Kabul

Gubernur NTB Silaturahmi dengan Warga Kabul

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Lombok Tengah – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah

didampingi sejumlah kepala OPD Lingkup Provinsi NTB bersilaturahmi dengan warga Dusun Sape, Desa Kabul Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah pada Sabtu, (16/01/2021).

Pada kesempatan itu dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, Gemilang adalah kondisi saat sebuah tempat menjadi baik dan penuh keberkahan Tuhan (baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur) namun pembangunan fisik sebagai bentuk kemajuan harus pula ditata.

- Advertisement -

Dikatakan Gubernur, pembangunan fisik harus pula disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dengan memperhitungkan manfaat. Kesederhanaan, keaslian dan keindahan desa terkadang menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi orang modern yang merindukan desa. Namun demikian, Gubernur menginginkan kendala pembangunan di desa tetap menjadi perhatian dan tanggungjawab semua pihak mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten sampai pemerintah desa.

"Pembangunan perlu ditata. Pembangunan fisik menegasikan pembangunan non fisik," ujar Gubernur.

Oleh karena itu, salah satu penggeraknya adalah pemuda. Gubernur menyebut, pemuda gemilang adalah orang-orang yang memiliki cita cita menjadikan tempat mereka lebih baik dan damai penuh berkah. Selain kritis terhadap situasi, pemuda juga diharapkan memiliki jiwa mandiri dan mampu menyelesaikan persoalan bersama.
Begitu pula dengan pemimpin harus memiliki kerendahan hati selalu berkomunikasi dengan warganya.

Kepala Desa Kabul, Sahurin dalam kesempatan tersebut mengemukakan persoalan infrastruktur terutama jalan desa yang menjadi kendala aktifitas warga. Dikatakannya, meski dana desa sebesar 1,5 miliar belum mencukupi pos penggunaan infrastruktur sebesar 75 persen. Sisanya digunakan untuk pemberdayaan sebesar 15 persen dan BUMDes sebesar 10 persen. Ia mengatakan kondisi yang sama rata-rata terjadi di sebelas dusun Desa Sape.
Hal lain adalah soal sulitnya air saat musim kemarau bahkan terkadang untuk air bersih karena sawah di desa ini seluruhnya adalah tadah hujan.

"Sebetulnya sudah dianggarkan untuk pembuatan sumur bor tapi terkendala dana karena dialihkan untuk BLT Covid 19," ujar Kades.

Ia juga berharap ada bantuan untuk permodalan bagi sebagian warga yang berprofesi pedagang selain bantuan untuk memulai rintisan desa wisata.

Jhoni Sutangga salah seorang tokoh Pemuda setempat mengaku bangga atas kedatangan gubernur ke dusunnya.

"Kami sangat bangga dan terharu, kampung kami di Lombok Tengah bagian selatan bisa dikunjungi orang nomor satu di NTB," ujarnya.

Gubernur juga memberikan bantuan berupa modal usaha untuk mendirikan warung kopi, modal untuk beberapa usaha perorangan hingga bantuan seragam dan alat olahraga. (*)

- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Pemkab Lobar Menangkan Sengketa Lahan Puskesmas dan Pasar Seni

HarianNus.com, Lombok Barat - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat kembali memenangkan sengketa aset daerah. Kali ini pemkab Lobar menang atas sengketa lahan puskesmas dan pasar...

Puluhan Wartawan di NTB Ikuti UKW

HarianNusa.com, Mataram - Puluhan wartawan dari berbagai media baik online, cetak, dan radio di Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia