Selasa, September 17, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBPelantikan Pengurus Prajaniti Hindu NTB: Sinergitas Antar Umat Beragama untuk Memperkokoh Ekonomi...

Pelantikan Pengurus Prajaniti Hindu NTB: Sinergitas Antar Umat Beragama untuk Memperkokoh Ekonomi Umat

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Prajaniti Hindu Indonesia, sebagai organisasi yang beraspirasikan ajaran Hindu, terus berkomitmen dalam pemberdayaan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pengembangan ekonomi berlandaskan dharma. Upaya ini bertujuan menciptakan umat yang mandiri, berkualitas, dan berkarakter kuat.

Prajaniti Hindu Indonesia tidak hanya di pusat namun juga berkiprah di daerah. Di Nusa Tenggara Barat sendiri sebanyak 62 anggota pengurus baru Prajaniti Hindu Indonesia Provinsi NTB telah resmi dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Prajaniti Hindu Indonesia, KS Arsana, di Hotel Lombok Raya Mataram, Sabtu, (7/9/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Umum Prajaniti Hindu Indonesia menegaskan pentingnya peran pengurus sebagai pelayan umat yang menjaga integritas. Ia juga mengajak para pengurus untuk terus berkomitmen dalam pelayanan umat.

Ketua DPD Prajaniti Hindu NTB yang baru dilantik, I Putu Dedy Saputra, S.T., M.M., menyampaikan bahwa nilai-nilai Hindu Dharma, khususnya Tri Hita Karana, harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Keseimbangan antara hubungan manusia dengan Tuhan, sesama, dan alam harus dijaga sebagai dasar dalam menjalankan program-program Prajaniti,” jelasnya.

Dedy juga menekankan pentingnya sinergi antar umat beragama. Ia menyatakan bahwa kolaborasi dan kerjasama antara berbagai agama dan pemerintah sangat penting untuk kesejahteraan bersama. “Di era modern ini, tantangan semakin kompleks. Kita harus adaptif dan inovatif dalam menghadapi tuntutan zaman, terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya,” tambahnya.

Sementara, Sekretaris Prajaniti NTB, I Gusti Agung Bagus Dwipayana, S.H., menjelaskan, bahwa banyak umat Hindu belum mengenal Prajaniti Hindu Indonesia, padahal organisasi ini telah berdiri sejak 1968 dan menjadi wadah perjuangan umat Hindu.

“Prajaniti berasal dari bahasa Sanskerta, Praja berarti rakyat, dan Niti berarti perjuangan. Organisasi ini erat kaitannya dengan Parisada dan menjadi wadah mencetak kader pemimpin bangsa dari kalangan umat Hindu,” ungkapnya.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh berbagai tokoh dan organisasi Hindu serta tamu undangan dari berbagai komunitas, termasuk Bimas Hindu NTB, PHDI Provinsi NTB, WHDI NTB, dan FKUB. Momen ini diharapkan dapat memperkuat sinergitas antar umat beragama serta memperkokoh ekonomi umat di NTB.

Pelantikan ini diharapkan menjadi momentum penting dalam memperkokoh sinergitas antar umat beragama di NTB serta memperkuat ekonomi umat Hindu melalui program-program strategis yang berlandaskan ajaran dharma. (HN3)

Ket. Foto:
Foto bersama pelantikan Pengurus Prajaniti Hindu Indonesia Provinsi NTB. (Hariannusa)

Berita Lainnya
spot_img
spot_img
Selasa, September 17, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Trending Pekan ini

Selasa, September 17, 2024
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -