Puluhan Anjing Liar di Sekarbela Dimusnahkan

52
Ilustrasi

HarianNusa.com, Mataram – Mewaspadai bahaya anjing rabies, puluhan anjing yang kerap berkeliaran di pemakaman umum Sekarbela, Kota Mataram dimusnahkan. Pemusnahan atau eliminasi tersebut dilakukan dengan cara diberi racun pada makanan, Jumat malam (28/7).

Kegiatan eliminasi tersebut juga disaksikan kepolisian, kepala desa dan tokoh masyarakat setempat. Sebelum kegiatan pemusnahan tersebut, masyarakat yang memelihara anjing diimbau untuk tidak melepas anjingnya pada malam hari karena adanya giat pemusnahan anjing liar.

Aparat memantau proses pemusnahan anjing liar di Sekarbela. (ist/hariannusa.com)

Pemusnahan tersebut dilakukan Dinas Pertanian, Kelauatan dan Perikanan (DPKP) Kota Mataram. Pemusnahan dilakukan atas permohonan warga setempat yang resah akibat keberadaan anjing liar di wilayah Sekarbela. Warga khawatir sewaktu-waktu terjadi penyakit anjing rabies yang mengakibatkan masyarakat menjadi korban.

Pelaksanaan eliminasi anjing liar tersebut dilakukan pada malam hari, pasalnya banyak anjing liar berkeliaran pada waktu malam. Sehingga dengan mudah dimusnahkan.

“Palaksanaan eliminasi kita lakukan pada malam hari, karena banyak anjing liar berkeliaran pada malam hari,” ujar Yadi dari DPKP Kota Mataram.

Anjing liar tersebut diberikan racun stricnin yang dicampur pada makanan. Makanan berancun tersebut kemudian dilepas di wilayah yang kerap banyak dilalui anjing liar. Pihak aparat juga mengawasi pemusnahan tersebut. (sat)