Siswa SDIT Anak Soleh Praya Galang Dana Untuk Rohingya

122

HarianNusa.com – Praya, Derita pengungsi Rohingya menggugah nurani berbagai belahan dunia. Tak terkecuali siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Anak Soleh Praya Lombok Tengah. SDIT Anak Sholeh Praya bekerjasama dengan SMPIT Insan Qur’an Mulia yang bernaung di bawah Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia mengadakan penggalangan dana ke tempat-tempat umum seperti pasar, perkantoran, pertokoan dan ke rumah-rumah warga di sekitar kota Praya.

Menurut Kepala Sekolah SDIT Anak Soleh Baiq Fitriah, S.Pd, aksi galang dana ini diikuti oleh 48 orang siswa kelas 4 dan 5 beserta 20 orang guru dari sdit Anak Sholeh Praya serta 65 siswa dan siswi SMPIT Insan Qur’an Mulia.

“Selain untuk mengumpulkan dana guna membantu saudara kita di Rohingya, kami juga ingin menumbuhkan kecerdasan sosial pada anak-anak kita ini” ungkap wanita berjilbab ini, Kamis (14/9).

Ia mengharapkan dengan moment ini anak-anak didiknya memiliki kepekaan yang tinggi terhadap sesama (khususnya kepada orang yang membutuhkan bantuan) dan tumbuh rasa kasih sayang kepada sesama manusia.

Selain itu, masih menurut Fitriah, dengan kegiatan ini diharapkan tumbuhnya keberanian dan rasa percaya diri pada anak-anak, diuji mental dan keberaniannya utk bisa memulai pembicaraan dengan orang baru.

Masyarakat sekitar merespon positif kegiatan ini , bahkan ada diantara pedagang buah yang memberikan buah ke anak-anak yang sedang melakukan penggalangan dana. Ada juga salah satu instansi swasta yang langsung menyambut dengan hangat dan mempersilahkan seorang perwakilan dari siswa untuk berkeliling ke semua meja karyawan bahkan ke lantai 2 gedung kantor.