Jumat, Juli 26, 2024
spot_imgspot_img
BerandaHeadlineHujan Semalam, Desa Gegelang Lingsar Terendam Banjir

Hujan Semalam, Desa Gegelang Lingsar Terendam Banjir

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa.com, Mataram – Hujan dengan intensitas tinggi melanda sebagian wilayah di Lombok malam tadi, Rabu (29/11). Akibat intensitas hujan cukup tinggi membuat Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat terendam banjir.

Sebanyak enam rumah tergenang banjir, bahkan enam hektar sawah warga tergenang, sehingga mengakibatkan kerugian sekitar Rp 50 juta.

Kepala BPBD NTB, H. Mohamad Rum mengatakan penyebab banjir lantaran sungai mengalami pendangkalan. Akibatnya sungai meluap ketika intensitas hujan tinggi menerjang.

“Sungai sudah mengalami pendangkalan karena sedimentasi akibat hutan yang gundul di bagian hulu,” ujarnya Kamis (30/11).

Selain itu, menurutnya penyebab banjir juga karena sungai mengalami penyempitan akibat banyaknya bangunan yang dibuat di bantaran sungai.

“Kapasitas sungai juga terganggu akibat beberapa konstruksi jembatan penyeberangan yang menggunakan pilar tengah,” tambahnya.

Selain itu juga masih banyak sungai yang tidak memiliki tanggul sehingga berpotensi besar banjir terjadi, dan juga fungsi embung embung di daerah hulu sudah tdk maksimal lagi sebagai kolam pengendali banjir karena mengalami sedimentasi.

Kini petugas gabungan telah melakukan evakuasi dan membersihkan sisa-sisa banjir yang terjadi. (sat)

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Juli 26, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Juli 26, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -