Jumat, Maret 29, 2024
BerandaRilis PersYBM-BRI dan IWABRI Layani Kebutuhan Ratusan Penerima Manfaat Di Lombok Timur

YBM-BRI dan IWABRI Layani Kebutuhan Ratusan Penerima Manfaat Di Lombok Timur

- Advertisement -

HarianNusa.com – Lombok Timur, Ikatan Wanita Bank Rakyat Indonesia (IWABRI) kantor pusat, bersama Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI), menggelar bakti sosial. Kali ini Pondok Pesantren Al Mubassyirun, Jl. Tiu Rotan, Dusun Karang Montong, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, menjadi lokasinya. Pada bakti sosial yang bergulir Rabu (14/3), kesehatan menjadi titik utama pelaksanaan. Terdapat empat poli layanan kesehatan, di antaranya adalah poli umum dengan 200 penerima manfaat, poli gigi dengan 50 penerima manfaat, poli mata dengan pemeriksaan dan pembagian kacamata untuk 50 penerima manfaat, poli bedah minor dengan 20 penerima manfaat.

Selain layanan kesehatan, YBM-BRI dan IWABRI, turut memberikan bantuan berupa 100 paket sembako untuk masyarakat sekitar pondok pesantren. Kemudian juga 100 paket pendidikan untuk santri, 50 buah Alquran, dua unit MCK Komunal untuk pondok pesantren dan perbaikan dua bale di Dusun Longserang Timur, Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Dana sebesar Rp. 269.025.000,- yang bersumber dari zakat pekerja BRI muslim Seluruh Indonesia, tersalurkan dalam rangkaian pelaksanaan program tersebut.

Turut hadir memeriahkan acara adalah Pahriah, selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, Drs. Faisol, selaku Camat Pemenang, Hilmi Manossoh Prayugo, selaku Kapolsek Pemenang, Maknun, selaku Kepala Desa Pemenang Timur, M. Sukri, selaku Kepala Desa Pemenang Barat. Kemudian dari pihak IWABRI dan YBM-BRI turut hadir Yenny Suprajarto, selaku Ketua Pengurus IWABRI, Harsono, selaku Pimpinan Cabang BRI Mataram, Tasurun, selaku Pimpinan Cabang BRI Selong, dan juga Dwi Iqbal Noviawan, selaku General Manager YBM-BRI pusat, beserta segenap pengurus IWABRI kantor pusat, kantor wilayah Denpasar, dan kantor cabang Mataram.

“Ini merupakan salah satu upaya YBM-BRI dan IWABRI memfasilitasi layanan untuk masyarakat dalam bidang kesehatan, dan juga wujud kepedulian terhadap masyarakat di sekitar Ponpes Al Mubassyirun. Memang bukan angka yang banyak, namun kami yakini dapat membantu kesejahteraan masyarakat di sini. Semoga juga bukan sekali ini saja bantuan bergulir, tetapi kami dapat konsisten menghadirkannya,” tutur Yenny Suprajarto.

Pondok Pesantren Al Mubassyirun yang terletak di Dusun Karang Montong yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 150 Kepala Keluarga, dan mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah sebagai petani. Pondok Pesantren Al Mubassyirun memiliki 62 siswa pada tingkat Madrasah Tsanawiyah dan 60 siswa untuk tingkat Madrasah Aliyah. Di sisi lain, Pondok Pesantren Al Mubassyirun tidak mematok biaya bagi siswa yang berasal dari keluarga golongan ekonomi bawah, yang sebagian besar latar belakang pekerjaan orang tuanya sebagai petani, pedagang dan guru.

Kegiatan bakti sosial kesehatan tersebut merupakan bagian dari Program Berbagi Sehat Rakyat Indonesia. Selain program Berbagi Sehat Rakyat Indonesia, YBM-BRI juga menyalurkan dana zakatnya melalui Program Berbagi Smart Rakyat Indonesia (bidang pendidikan), Berbagi Syiar Rakyat Indonesia (bidang sosial dakwah) dan Berbagi Sejahtera Rakyat Indonesia (bidang ekonomi).

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan peluncuran program pemberdayaan ekonomi berbasis Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR) Usaha Keripik Talas dan PKUR Budidaya Ikan Nila dari dua kelompok pemberdayaan dari Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur.

Semoga langkah kebaikan ini dapat terus bergulir, menjangkau masyarakat miskin dan dhuafa di seluruh Indonesia. Karena YBM-BRI akan terus berbagi semangat untuk Indonesia.

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -