Bulog NTB Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadhan

HarianNusa.com, Mataram – Tim Satgas (Satuan Tugas) Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdiri dari Bulog NTB, Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Dinas Perdagangan Kota Mataram dan Satgas Pangan Polda NTB melakukan pengecekan ketersedian beras di gudang BULOG Dasan Cermen-Mataram, Rabu (18/4/2018).

Saat itu tampak hilir mudik sejumlah truk pengangkut beras mitra yang masuk ke gudang Bulog.

Dari pengecekan yang dilakukan itu diketahui beras yang ada di Gudang Bulog tersedia dalam 2 (dua) jenis yaitu jenis premium dan medium.

iklan

Kepala Bulog Divre NTB,H.Achmad Ma’mun dalam kesempatan itu memastikan bahwa kebutuhan beras menjelang bulan Ramadhan ini aman.

“Stok beras yang tersimpan di gudang-gudang Bulog Divre NTB sejumlah 39.715 ton cukup untuk ketahanan stok sampai dengan 2018 atau aman sampai dengan 9 bulan kedepan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Achmad Ma’mun menyatakan stock beras aman hingga Januari 2019 terlebih saat ini pengadaan masih tetap berjalan.

“Artinya stok akan terus terpupuk untuk NTB,” tambahnya.

Untuk menjaga harga beras di pasaran tetap stabil Ia berjanji akan terus melakukan kegiatan Stabilisasi Harga Pangan (GSHP)

“Untuk Kegiatan Stabilisasi Harga Pangan (GSHP) akan kita optimalkan lagi tujuannya untuk menjaga harga beras di pasaran. Kita akan melakukan intervensi kepasar baik secara grosiran atau melalui penjualan langsung melalui outlet outlet RPK Bulog yang notabene ada dipermukiman,” tandasnya.

Ia merinci dalam kegiatan GSHP ini harga jual HET (Harga Eceran Tertinggi) beras kualitas medium dipatok dengan Rp. 9.000; hingga RP.9.200; per kilogram sedangkan untuk kualitas beras premium dipatok dengan harga Rp. 10.200; sampai dengan RP. 11.500 per kilogram.

“Selain komoditi beras Bulog juga akan menyediakan gula pasir dengan metode grosiran dan eceran, minyak goreng merk “KITA” dan mulai tahun ini Bulog Divre NTB juga menyediakan tepung terigu “KITA” yang saat ini sudah datang sebanyak 17 ribu kilogram dengan harga jual Rp. 8.000 per kilogram,” pungkasnya.

Untuk itu masyarakat diminta untuk tidak kuatir dengan ketersediaan beras dan beberapa komoditas lainnya menjelang bulan Ramadhan. (f3)

Komentar
iklan
Loading...