Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKota MataramCipayung Plus Deklarasi Dukung Pilkada Damai Berintegritas

Cipayung Plus Deklarasi Dukung Pilkada Damai Berintegritas

- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Organiasasi Kepemudaan (OKP) Cipayung Plus Kota Mataram yang terdiri dari PMII, HMI, GMNI, KAMMI, KMHDI, PMKRI dan Hikmabudhi menggelar dialog Pilkada 2018 dan Deklarasi Pilkada damai dan berintegritas di Aula PGRI NTB, Sabtu (26/5) kemarin.

Ketua Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Mataram, Abdul Qadir Jaelani dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan dialog ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Pilkada yang berintegritas, bermartabat, damai dan bebas konflik komunal.

“Saya mengajak semua OKP Cipayung Plus Kota Mataram untuk berperan aktif dalam mewujudkan Pilkada damai dan berintegritas pada tahun ini,” katanya dalam sambutannya.

AQJ sapaan akrabnya juga berharap melalui dialog ini OKP Cipayung Plus bisa memberikan ide gagasan yang akan ditawarkan kepada masyarakat NTB untuk memberikan kontribusi pemuda yang sesungguhnya.

Sementara Komisioner KPU NTB, Suhardi Soud menegaskan bahwa
KPU sebagai penyelenggara pemilu berkomitmen untuk menciptkan Pilkada berintgritas.

“Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh KPU adalah penataan akses informasi public. Ini merupakan suatu keharusan yang tidak ada lagi bisa disembunyikan,  semua informasi tentang pemilu bisa diakses di Web KPU,” tegasnya

Dikatannya, KPU berkomitmen menjaga hak konstitusional setiap warga negara agar terlibat dalam proses demokrasi di republik ini.

“Hak warga negara itu harus kita berikan kepada setiap warga negara,” ujarnya

Suhardi menambahkan, Pemilu sering bermasalah ketika proses penghitungan suara.

“KPU sekarang sudah melakukan system informasi penghitungan suara untuk menghindari permasalahan,” tambahnya

Perwakilan dari Bakesbangpoldagri NTB, H Lalu Normal Suzana mengungkapkan
peran OKP harus tetap terlibat aktif dalam menjaga keamannan. Artinya tidak seorang pun yang menginginkan dari akibat politik yang menimbulkan suatu perpecahan.

“Tentu pemuda atau mahasiswa, kita berharap bisa memberikan kontribusi bagaimana upaya proses demokrasi atau pemilukada ini harus aman. Jangan sampai ada intimidasi kepada masyarakat untuk memberikan hak pilihnya kepada salah satu calon secara paksa,” ujarnya

Dialog diakhiri dengan Deklarasi yang dipimpin oleh Ketua Cabang PMII Kota Mataram. Adapun
naskah Deklarasi Pemilu Berintegritas, dan  Bermartabat, Damai dan Bebas Konflik Komunal oleh Cipayung Plus Kota Mataram, yakni:

1. Kami mendukung penuh penyelenggara Pemilu untuk mewujudkan Pemilukada yang berintegritas, bermartabat, damai dan bebas konflik komunal

2. Kami Siap mensukseskn Pemilihan Kepala Daerah Provinsi  NTB Tahun 2018.

3. Kami siap berperan aktif mencegah terjadinya konflik komunal pada Pemilukada 2018. (sat)

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -