ilustrasi

HarianNusa.com, Lombok Tengah – Gempa bumi berkekuatan 4,1 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Lombok Tengah, Jumat (13/07) pukul 13.36 Wita. Pusat gempa terletak pada kedalaman 79 kilometer atau pada jarak 32 kilometer arah Barat Daya Lombok Tengah.

Epicenter gempa terletak pada kordinat 8,98 Lintang Selatan dan 116,22 Bujur Timur. Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa wilayah Lombok Tengah mengalami guncangan dengan skala intensitas I SIG (1-11 MMI) atau gempa tersebut dirasakan beberapa warga di sana.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, SP. MM menerangkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Di daerah ini (Lombok Tengah) guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya melalui pesan singkat.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Dia mengimbau agar masyarakat tidak panik dan tidak mempercayai isu-isu yang disebarkan orang yang tidak bertanggungjawab terkait gempa bumi tersebut. (sat)

Komentar