Jumat, Maret 29, 2024
BerandaEkonomiBI NTB Lounching Kartu GPN

BI NTB Lounching Kartu GPN

- Advertisement -

HarianNusa.com – Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTB bersama seluruh perbankan Provinsi Nusa Tenggara Barat secara resmi melaunching kartu Debit berlogo GPN dalam acara bertajuk “GPN sebagai Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional”.

Acara dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti senam zumba, flashmob, hiburan dan pembagian doorprize yang diikuti oleh masyarakat umum di area Car Free Day (CFD) Jl Udayana Kota Mataram, Minggu (21/10/18).

Bank Indonesia menetapkan kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien, dan handal. Secara sederhana, GPN adalah sebuah sistem transaksi pembayaran yang mengkoneksikan berbagai bank, sehingga kartu ATM dan/atau kartu debet suatu bank dapat digunakan di ATM/EDC/instrumen bank lain.

Selain itu, dr sisi keamanan, kartu ATM/debet berlogo GPN sudah dilengkapi dengan teknologi ‘chip’ sehingga lebih aman dan terhindar dari tindakan skimming atau penyalinan data seperti yang terjadi pada kartu berteknologi magnetik.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan kampanye kartu berlogo GPN adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kebijakan dan ekosistem GPN, serta meningkatkan akseptasi masyarakat terhadap implementasi kebijakan GPN terutama dalam hal mendorong masyarakat guna memiliki, menerima penggunaan, dan memanfaat kartu ATM/debit dan kanal pembayaran berlogo nasional,” ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Achris Sarwani.

Kegiatan kampanye GPN juga diharapkan sebagai salah satu momentum pendorong kebangkitan NTB terutama di sektor perekonomian setelah mengalami bencana gempa bumi beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB Rosiady Sayuti menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia dan seluruh perbankan yang telah berhasil mewujudkan suatu sistem yang mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik secara interkoneksi dan interoperabilitas dalam Gerbang Pembayaran Nasional.

Launching kartu GPN juga dilakukan secara serentak di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Dalam acara launching di CFD Mataram, tercatat kurang lebih sebanyak 500 penukaran kartu lama ke kartu baru berlogo GPN yang dilakukan oleh nasabah perbankan. Rangkaian kegiatan kampanye GPN di NTB berlangsung sampai dengan tanggal 2 November 2018.

Bank Indonesia mengharapkan masyarakat di Provinsi NTB sudah mulai menggunakan kartu GPN karena seluruh perbankan di Provinsi NTB telah menyediakan kartu baru berlogo GPN bagi nasabahnya. (f3)

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -