fbpx
32 C
Mataram
Beranda Pemerintahan Tata Kelola Anggaran NTB Tetap dalam Koridor yang Baik

Tata Kelola Anggaran NTB Tetap dalam Koridor yang Baik

HarianNusa.com – Menanggapi rumor tentang tata kelola anggaran Pemerintah Provinsi NTB

“berantakan”, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi NTB, H. Supran menjelaskan bahwa semua (tata kelola anggaran Pemprov NTB, red) tetap dalam koridor yang baik.

“Semuanya masih berjalan on the right track” ungkap Supran, Minggu, (30/12/18).

Menurut Supran, tidak ada satupun indikator yang menyebutkan atau mengarah kepada masalah yang identik dengan istilah tersebut.

“Justru pengelolaan anggaran Pemprov NTB tetap dalam koridor tata kelola yang baik berdasarkan asas transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan berkeadilan,” tambah Supran.

Ia juga menyatakan bahwa semua program dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) NTB dan Program Prioritas Daerah yang merupakan kewajiban sesuai ketentuan undang-undang sudah terselesaikan dan tidak terganggu.

“Memang ada kekurangan dari sisi pendapatan, tetapi bukan diakibatkan oleh persoalan mendasar. Misalnya pada detik-detik terakhir pemerintah pusat menarik kembali dana senilai lebih kurang Rp 100 miliar. Belum masuk persoalan krusial, hanya persoalan waktu saja,” papar Supran.

Pemprov NTB terus melakukan sejumlah upaya untuk menyiasati persoalan kekurangan dana penerimaan di APBD NTB 2018. Antara lain mempercepat masuknya dana dari BUMD NTB, yaitu PT Daerah Maju Bersaing (PT DMB) dan deviden dari penyertaan modal daerah NTB ke PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional Lombok.

Ia mencontohkan, misalnya pembayaran proyek dari Perda Jalan sebesar Rp 77 miliar, akan dibiayai dari setoran PT DMB yang direncanakan akan masuk per Senin 31 Desember 2018. Supran berharap setelah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT DMB (yang direncanakan Senin 31/12/2018), hak Pemprov NTB akan disetor sebelum tahun 2018 berakhir. Alasannya, karena penerimaan dari PT DMB itu sudah masuk dalam struktur APBD.

Sementara terkait penerimaan kontribusi dari PT Angkasa Pura I, Pemprov NTB akan melakukan langkah-langkah yang lebih progresif lagi, untuk memastikan semua komitmen ditunaikan dengan baik. Pemerintah Provinsi juga akan memberikan penegasan agar perusahaan yang menjadi pengelola Bandara Internasional Lombok itu segera menyelesaikan kewajibannya sesuai kesepakatan bersama.

Tahun 2018, diakui Supran sebagai tahun terberat sepanjang sejarah pemerintahan NTB dalam kurun waktu seperempat abad terakhir. Sejumlah problem yang berpotensi mengganggu pos pendapatan APBD terjadi secara beruntun.

Salah satu persoalan yang cukup mengganggu sepanjang 2018, menurut Supran adalah pemotongan dana transfer oleh pemerintah pusat setelah APBD Perubahan (APBD-P) ditetapkan. Kementerian Keuangan RI memangkas pagu dana transfer dan dana bagi hasil untuk NTB sebesar Rp 109 miliar lebih.

“Seharusnya, NTB mendapatkan jatah dana sebesar Rp 251,284 miliar, namun dipangkas hanya menjadi Rp 141,442 miliar lebih. Yang memberatkan, adalah karena Peraturan Menteri Keuangan mengenai pemangkasan ini dikeluarkan 10 Desember 2018. Persis setelah APBD-P ditetapkan oleh Pemprov NTB pada September 2018 lalu,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjutnya, menjadikan Pemprov NTB mengalami sedikit kesulitan melakukan rasionalisasi anggaran. Namun, Supran menegaskan, terlepas dari persoalan itu, belanja program RPJMD dan Program Strategis Provinsi NTB tetap bisa ditunaikan.

Supran optimis, di bawah duet kepemimpinan dua doktor yang penuh pengalaman dalam bidang perekonomian (Gubernur Dr. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Sitti Rohmi Djalilah, red), setiap permasalahan terkait anggaran yang potensial muncul, akan terselesaikan melalui antisipasi dengan sejumlah kebijakan preventif dan strategis yang telah disiapkan.

Kedepannya, Pemprov NTB meminta dan mendorong pemerintah pusat (Kementerian Keuangan RI, red) agar tidak mengeluarkan kebijakan pemangkasan setelah APBD ditetapkan.

“Sebab kondisi tersebut tentunya berdampak terhadap program dan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya,” pungkasnya. (f3)

Stay Connected

22,456FansSuka
6,320PengikutMengikuti
8,458PengikutMengikuti
1,453PelangganBerlangganan

Must Read

Alhamdulillah, Dua Pasien Positif Corona RSUD NTB Sembuh dan Dipulangkan

HarianNusa.com, Mataram - Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs.H. Lalu Gita Ariadi, M.Si menyatakan dua pasien Positif Corona (Covid-19) dinyatakan sembuh dan diperbolehkan...
- Advertisement -

Pasien PDP asal Lombok Barat yang meninggal Dinyatakan Negatif Corona

HarianNusa.com, Mataram - Sekretaris Daerah NTB selaku Ketua Harian Gugus Tugas Provinsi Nusa Tenggara Barat, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si menyampaikan seorang...

75 arang Diamankan dalam Operasi Pekat Polres Lombok Timur

HarianNusa.com, Lombok Timur - Polres Lombok Timur berhasil mengamankan 75 orang tersangka berikut puluhan barang bukti kendaraan, barang elektronik, miras serta uang tunai dalam...

Seratus Paket Sembako Dibagikan Korem 162/WB Bersama Inti NTB

HarianNusa.com, Mataram – Korem 162/WB bersama Pengurus Daerah Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) NTB menyalurkan dan menyerahkan bantuan berupa sembako kepada warga kurang mampu di...

Berita Populer Pekan ini

Angin Puting Beliung Terekam Kamera dari Area Bandara Internasional Lombok

HarianNusa.com, Lombok Tengah - Sebuah video angin puting beliung beredar dengan cepat melalui jejaring media sosial WhatsApp Minggu (5/4) Siang. Video ponsel...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

PHBS Strategi Tangkal Penyebaran Virus Versi Satgas Pandemi Covid-19 Unram

HarianNusa.com, Mataram - Satuan Tugas (Satgas) Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Universitas Mataram (Unram), yang dibentuk sebagai salah satu strategi kesiapan Unram dalam...

BPKH dan DT Peduli Berikan Ambulance Gratis untuk Ponpes Darul Iman di KLU

HarianNusa.Com - Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhid (DT) Peduli bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan bantuan kemanusiaan berupa satu...

Pemprov NTB Fokus Pada Pencegahan Covid 19 & Penanganan Dampak Social Ekonomi

HarianNusa.com, Mataram - Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., memastikan kebijakan dan langkah yang akan diambil Pemprov NTB saat ini...