Selasa, Maret 19, 2024
BerandaEkonomiMenteri Perindustrian Salurkan Bantuan Bagi 1000 KMP PKH di NTB

Menteri Perindustrian Salurkan Bantuan Bagi 1000 KMP PKH di NTB

- Advertisement -

HarianNusa.Com – Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto mengatakan ada 4 faktor yang membuat PKH efektif dalam menurunkan angka kemiskinan. Murah, mudah, berkah dan cerah.

Ia memaparkan, pertama, PKH memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin pada aspek pendapatan dan konsumsi atau kebutuhan dasar. Dengan bantuan PKH dan BPNT, KPM bisa membeli kebutuhan pokok pangan yang berkualitas baik dan kebutuhan sekolah anak dengan harga yang murah. Sehingga kesehatan dan gizi keluarga lebih terjaga. KPM juga dapat membeli kebutuhan sekolah anak sehingga pendidikan anak lebih terperhatikan.

“Yang terpenting, anak tumbuh sehat dan terhindar dari gizi buruk,” kata Airlangga dalam acara penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di NTB bertempat di Stadion GOR Turida, Mataram, Selasa (19/02).

Faktor kedua, lanjut Airlangga, PKH melalui para pendamping, harus mampu mendorong perubahan pola pikir dan perilaku KPM PKH, untuk lebih memperhatikan pendidikan, kesehatan, kemandirian ekonomi keluarga. Sehingga hidup mudah.

“Karena itu, dibutuhkan komitmen dan kesungguhan seluruh penerima bantuan sosial untuk mengikuti program ini dengan baik sehingga kedepannya taraf hidup KPM meningkat, lebih sejahtera dan dapat hidup mandiri,” ungkapnya.

Ketiga, jelasnya, PKH membuka peluang bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam kerja-kerja sosial. Sekaligus membuka puluhan ribu lapangan pekerjaan sehingga berkah.

Faktor keempat, kata Airlangga, PKH efektif dalam memerangi kemiskinan karena memiliki indeks bantuan dan jangkauan yang luas agar hidup masyarakat makin cerah.

Airlangga menambahkan bahwa pemerintah melalui Kementerian Perindustrian akan bekerja sama dengan Kementerian Sosial membantu memberikan pelatihan kewirausahaan dan bantua peralatan wirausaha kepada KPM PKH untuk menunjang kemandirian.

“Dengan mewujudkan kemandirian ekonomi, KPM PKH diharapkan dapat keluar dari kondisi keterpurukan ekonomi sehingga tidak bergantung pada bantuan pemerintah,” tutupnya.

Gubernur NTB. Dr. H. Zulkieflimansyah yang hadir mendampingi Menteri dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Pusat.

“Saya mewakili Pemerintah NTB mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Pusat, Mudah-mudahan dengan adanya program ini makin banyak keluarga yang mandiri,” ungkapnya.

Gubernur juga memotivasi para penerima bantuan yang belum mandiri agar terus berikhtiar dan bisa menjadi keluarga yang mandiri.

“Kami berharap kedepannya banyak penerima bantuan dari pemerintah bisa naik kelas menjadi keluarga yang mandiri. Kedepannya, kami akan bantu dengan berbagai alat-alat usaha. Ibu yang hoby menjahit akan diberikan mesin jahit, jika ada yg anaknya suka bengkel, akan dimodali alat-alat bengkel agar mandiri. Namun sembari menunggu, bantuan ini kami harapkan terus berjalan,” harapnya.

Penyaluran bantuan PKH turut dihadiri komisi VI DPR RI, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemen Perindustrian, Wakil Walikota Mataram,
para Pejabat eselon II Pemerintah Provinsi NTB, serta Pejabat Bank BRI dan 1000 KMP PKH di NTB yang menerima bantuan. (f3)

 

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Maret 19, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Maret 19, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -