fbpx

Gubernur Naik Trail Tinjau Embung Elang Desa di KSB

HarianNusa.Com – Gubernur NTB Dr. H. Zukieflimansyah harus menggunakan sepeda motor Trail untuk menjangkau lokasi Embung Elang Emas, di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Jum’at (8/9).

Kondisi medan yang berat, disebabkan hujan sehingga tidak memungkinkan kendaraan roda empat untuk menjangkau lokasi tersebut.

Gubernur meninjau Embung tersebut, untuk memastikan kondisi embung yang telah mengalami pendangkalan, dikarenakan sedimentasi yang cukup tinggi. Setelah melewati medan cukup berat, gubernur yang didampingi sejumlah kepala OPD tiba di lokasi dan menyaksikan langsung kondisi Embung.

Dari hasil pemantauan, Gubernur langsung memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB untuk segera melakukan pengerukan Embung Elang Desa yang telah mengalami pendangkalan akibat tingginya sedimentasi.

Bendungan Elang, Desa Jereweh, KSB yang mengairi 4 desa dan lahan seluas 860 hektar ini mengalami sendimentasi.
Akibatnya, terjadi penurunan debit air yang menyebabkan produksi pertanian menurun hingga gagal panen di beberapa tempat.

Usai kunjungan Gubernur, harapan masyarakat di Kecamatan Jereweh, agar pemerintah segera melakukan perbaikan jaringan yang telah tertanam oleh sedimen sepanjang 1,5 km. Pemerintah segera melakukan perbaikan jalan inspeksi, lajur kiri dan kanan bendungan sepanjang 7 km. Menutup rongga bendungan yang tercipta akibat sedimentasi. Dan permintaan mesin pompa air, oleh petani yang memiliki lahan di bagian atas embung, karena mereka tidak mendapatkan air.

Sebelum meninjau bendungan tersebut, Gubernur berkesempatan bersilaturrahim dengan masyarakat Kelurahan Bugis, Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Di Masjid Jami’ Al-Ikhlas Kelurahan itu, Gubernur pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) itu menjelaskan bahwa, lengkapnya fasilitas sebuah bangunan bukan menjadi jaminan untuk hidup bahagia. Kadang dengan fasilitas apa adanya, seseorang bisa hidup bahagia, aman dan nyaman.

“Masjid yang bagus adalah masjid yang bisa bikin orang betah di dalamnya,” jelasnya.

Karena itu, yang terpenting ketika membangun fasilitas ibadah superti Masjid adalah kenyamanan saat melaksanakan ibadah. (f3)

Komentar

Berita Terbaru

Pemprov NTB dan Unram Kerjasama Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Desa

HarianNusa.Com, Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Universitas Mataram (Unram) melakukan kerjasama dalam melaksanakan seminar internasional...

Tak Ingin Gegabah Menyikapi Pergantian Nama Bandara DPRD NTB akan Bentuk Pansus

HarianNusa.Com, Mataram - DPRD Provinsi NTB dalam menyikapi pergantian nama Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Bandara Zainudin Abdul Majid...

Penuh Inovasi, Hj. Niken Dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Berprestasi Tingkat Nasional

HarianNusa.Com, Jakarta - BUNDA PAUD Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati SE, M.Sc mendapatkan penghargaan sebagai BUNDA PAUD berprestasi...

Restorasi Sungai Teloke dan Lamper Telah Rampung

HarianNusa.Com, Lombok Barat - Restorai Sungai Teloke di Kecamatan Batulayar dan Sungai Lamper di Kecamatan Kuripan telah rampung 100...
- Advertisement -

Danrem 162/WB Tutup Binter Terpadu Kodim Lobar

HarianNusa.Com, Lombok Barat – Program pembinaan teritorial (Binter) terpadu tahun 2019 Kodim 1606/Lobar di wilayah Kabupaten Lombok Barat yang...

Taufiq Hadiri Pertemuan CoST, Ahkam Yakin Seluruh Tugas di Daerah Berjalan Lancar

HarianNusa.Com, Lombok Barat – Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat H. Moh. Taufiq harus berangkat menuju Dubai Uni Emirat Arab...

Baca Juga

Pemprov NTB dan Unram Kerjasama Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Desa

HarianNusa.Com, Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)...

Tak Ingin Gegabah Menyikapi Pergantian Nama Bandara DPRD NTB akan Bentuk Pansus

HarianNusa.Com, Mataram - DPRD Provinsi NTB dalam menyikapi pergantian...
- Advertisement -

Baca Jugainfo terkait
comment and share

Komentar