Sering Lemas saat Buka Puasa, Ini Penyebabnya

HarianNusa.com – Usai berbuka puasa ditemui banyak kasus kondisi tubuh lemas dan pingin tidur. Karena kondisi tubuh yang sangat lemas tidak jarang banyak yang tidak melaksanakan tarawih.

Penyebab badan lemas saat berbuka puasa beraneka ragam, tapi gejala tersebut umumnya karena tubuh mengalami defisit kalori dan cairan sehingga tubuh menjadi lemas. Padahal seharusnya berbuka puasa dapat mengembalikan tubuh menjadi segar. Dilansir dari halodoc, tubuh menjadi lemas saat berbuka disebabkan berbagai faktor di antaranya:

1. Kadar gula darah rendah (Hipoglikemia)

Kondisi ini terjadi jika saat berbuka puasa terlalu mengkonsumsi makanan manis seperti kolak, cendol, es dan makanan soda lainnya. Makanan tersebut berbentuk karbohidrat simpleks, yang jika dikonsumsi berlebihan dapat membentuk kadar gula darah meningkat drastis. Namun kadar gula darah yang meningkat drastis dapat memicu juga pengeluaran hormon insulin berlebihan yang menyebabkan menurunnya gula kadar gula darah. Sehingga menimbulkan gejala lemas dan pusing.

2. Makan terlalu cepat

Mengkonsumsi makanan terlalu cepat saat berbuka puasa menyebabkan perut menjadi penuh. Kondisi lambung yang penuh bisa menimbulkan gejala lemas, pusing dan mual. Sehingga itu dianjurkan berhenti memakan sebelum kenyang.

3. Radang lambung (Gastritis)

Ini merupakan penyakit lambung karena terlalu mengkonsumsi makanan pedas atau asam.

4. Konsumsi MSG berlebihan

Monosodium glutamat alias MSG adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak mendapatkan pemberitaan buruk. Penyebab rasa atau micin dinilai buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Seperti bakso, mie instan, aneka jajanan yang mengandung bahan pengawet, frozen food, dll.

5. Lainnya

Faktor lainnya seperti anemia, dehidrasi jika kurang minum saat buka puasa, hipotensi atau tekanan darah rendah, stres, flu dan diabetes.

Solusi

Untuk mencegah tubuh lemas saat berbuka puasa, dianjurkan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Jangan mengonsumsi makanan manis atau makanan apapun juga secara berlebihan saat berbuka puasa.
  • Penuhi kebutuhan cairan dan hindari minuman bersoda dan kafein saat berbuka puasa
  • Hindari makanan pedas
  • Hindari merokok
  • Mengkonsumsi makanan bergizi untuk pemenuhan kalori dan tidak terlalu berlebihan
  • Tidur yang cukup.

(sat)

 

Komentar