Asisten I Setda Provinsi NTB, Baiq Eva Nurcahya Ningsih, M. Si.(jilbab), Ketua Kerjasama Antarbangsa Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Provinsi NTB, Imanuella Andilolo (baju putih bersama rombongan Kementerian Pendidikan Malaysia. (Hariannusa.com/f3)

HarianNusa.Com – Di dalam RPJMD Provinsi NTB Tahun 2018-2023, salah satu program bidang pendidikan yang diusung oleh pemerintahan pasangan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimasyah dan Wakilnya Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah adalah mengirim 1000 anak-anak muda NTB untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Untuk mewujudkan program tersebut, Pemerintah Provinsi NTB terus melakukan upaya-upaya kerjasama dengan berbagai negara, salah satunya dengan Malaysia.

Ketua Kerjasama Antarbangsa Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Provinsi NTB, Imanuella Andilolo mengatakan Malaysia University English Test (MUET) kini hadir di Indonesia. Pertama kali diadakan di Jakarta pada tanggal 26 hingga 29 Juni 2019 lalu dan Lombok pada 9 hingga 13 Juli 2019.

“Kerjasama antara LPP dan MUET berlangsung sejak November tahun lalu.
Salah satu dari bagian kerjasama ini adalah pengiriman putra putri NTB untuk melanjutkan studi ke Malaysia,” ungkapnya di Kantor LPP NTB di Mataram, Sabtu, (13/7/19).

Sebagaimana diketahui pemerintah sudah mengirimkan awarde ke negara Polandia beberapa waktu lalu dimana para peserta diharuskan memenuhi persyaratan bahasa Inggris melalui TOEFL dan IELTS. Namun pengiriman ke Malaysia ini persyaratan tersebut ditiadakan.

“Skor bahasa yang diterima di Malaysia adalah MUET,” ungkapnya.

Prof. Dr. Mohd. Cairul Iqbal Mohd Amin, Timbalan Ketua Pengarah Jabatan Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Malaysia menjelaskan MUET adalah persyaratan dalam mendaftarkan untuk masuk ke semua universitas atau perguruan tinggi negeri di Malaysia.

“MUET terdiri dari empat bagian, Writing, Reading, Speaking, dan Listening,” jelasnya.

Dipilihnya Lombok sebagai tempat pelaksanaan MUET sebagai kolaborasi kerjasama Pemerintah Provinsi NTB melalui LPP bersama beberapa universitas di Malaysia untuk mengirimkan putra putri terbaik NTB untuk melanjutkan studi di Malaysia melalui program beasiswa pemerintah.

“Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut,” harapnya.

Sebelumnya Asisten I Setda Provinsi NTB, Baiq Eva Nurcahya Ningsih, M. Si.
mengucapkan selamat datang rombongan kementerian pendidikan Malaysia yang telah datang guna menindaklanjuti kerjasama dalam bidang pendidikan ini.

“Kita akan memperat tali persaudaraan melalui kerjasama dalam bidang pendidikan yang dimulai dari NTB,” ungkapnya.

Ia mengatakan sesuai dengan RPJMD 2018-2023 NTB, di bidang pendidikan berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah provinsi untuk mencerdaskan putra -putri NTB dengan melakukan kerjasama salah satunya dengan negara Malaysia

Dalam kesempatan tersebut, Baiq Eva juga mempromosikan keindahan alam Nusa Tenggara Barat khususnya pulau Lombok.

“NTB ini kaya dengan keindahan alamnya, laut, pantai, dan gunungnya indah-indah, kalau tak bisa jauh-jauh disini ada Wisata air awet muda di Narmada, kalau airnya di minum bisa bikin awet muda,” selorohnya.

“Dengan terjalinnya kerjasama yang erat ini, bapak ibu bisa mengajak keluarga untuk berlibur menikmati keindahan alam NTB,” pungkasnya. (f3)

 

Komentar