fbpx
23 C
Mataram
Jumat, September 17, 2021
Update Covid-19 Indonesia
4,181,309
Total Kasus
Updated on 17/09/2021 10:38 am
BerandaNTBSatgas Karhutla dan Padamnya Kebakaran Bukit Malaka

Satgas Karhutla dan Padamnya Kebakaran Bukit Malaka

- Advertisement -
- Advertisement -

HarianNusa.com – Bukit Malaka yang berada di Dusun Nipah Desa Malaka Kecamatan Pemenang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, dilalap api Minggu malam, 18 Agustus 2019.

Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sudjana bersama Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, turun tangan mengatasi kebakaran. Mereka memimpin personel yang memadamkan api yang tergabung dalam Satgas Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan).

Belum diketahui sumber awal api, namun diketahui musim kemarau, kawasan yang kering dan angin menyebabkan api membakar kawasan tersebut.

- Advertisement -

Seorang warga bernama Muhsin pertamakali melihat asap pukul 11.00 Wita, namun api membesar dan dilihat banyak warga pada pukul 15.00 Wita.

Pemadaman pertama dilakukan enam personel Polsek Pemenang dibantu delapan petugas pemadam dan masyarakat. Api berhasil dipadamkan beberapa saat kemudian.

Namun, pukul 17.00 Wita, api muncul kembali di titik berbeda dan dekat dengan lokasi kebakaran pertama. Api bahkan merambat hingga ke lahan di Dusun Pandanan.

Kapolres Lombok Utara, AKBP Herman Sudiyono memimpin pemadaman api. Hadir juga Bupati Lombok Utara, petinggi Polda hingga unsur TNI.

Hingga beberapa saat kemudian api berhasil dipadamkan Satgas Karhutla.

Kapolda NTB mengatakan akan tetap melakukan pencegahan terjadinya kebakaran dan mengimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan, terlebih lagi pada kondisi kemarau dan angin kencang saat ini.

“Langkah-langkah pencegahan tetap kita intensifkan dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi oleh para Bhabinkamtibmas kepada masyarakat serta melakukan patroli bersama untuk mendeteksi titik-titik yang terbakar,” katanya. (sat)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -