fbpx
23 C
Mataram
Senin, Juli 6, 2020
Update Covid-19 Indonesia
64,958
Total Kasus
Updated on 06/07/2020 10:50 am
Beranda NTB Dongkrak Potensi Kerajinan Daerah, Dekranasda NTB Gelar Lomba Kriya dan Rancang Busana...

Dongkrak Potensi Kerajinan Daerah, Dekranasda NTB Gelar Lomba Kriya dan Rancang Busana Tenun Khas NTB

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.Com – Dewan kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menggelar lomba kriya terbaik dan rancang busana berbahan tenun NTB pada tanggat 14 Desember 2019 mendatang.

Ketua Dekranasda NTB, Hj.Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengatakan Dekranasda Award kali ini dimaksudkan untuk memacu perkembangan desain Kriya NTB. Sedangkan untuk Lomba Desain Busana Berbahan Tenun NTB dimaksudkan memacu designer NTB dalam membuat karya berbahan tenun NTB serta dalam rangka mengangkat tenun NTB agar lehih dikenal secara luas baik di kalangan generasi milenia, masyarakat umum, baik nasional maupun internasional.

“Dekranasda Awand ini difokuskan pada pengembangan hasil jadi prodok kriya maupun busana motif tenun NTB. Kami harapkan lahir karya yang original, baru, dan kreatif dari 10 Kabupaten Kota yang ada di Nusa Tenggara Barat,” ungkap Hj. Niken yang juga Ketua TP PKK Provinsi NTB didampingi Kadis Perdagangan Provinsi NTB, Hj. Putu Selly Andayani, Perancang NTB Linda Hamidy dan Efdalius Ruswandi saat menggelar Konferensi Pers, Jumat, (18/10/19) di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB.

- Advertisement -

Hj. Niken menjelskan untuk Lomba Desain Busana Tenun Khas NTB, kategori yang dilombakan adalah busana kerja pria dan wanita, busana casual remaja wanita dan pria, busana malam wanita muslim dan kategori busana malam pria.

Akan dicari 3 orang pemenangnya yang mampu menghasilkan karya busana tenun terbaik dengan tema Bahari. Juri untuk lomba busana tenun ini menghadirkan dua orang juri designer nasional dan seorang juri akademisi designer NTB.

“Hal tersebut dimaksudkan agar para produk yang menjadi parancang nantinya bisa mempresentnsikan NTB, tidak keluar dari pakem yang ada dan laku di pasaran,” terangnya.

Sedangkan untuk lomba kriya terbaik akan dikelompokkan melalui kategori produk kerajinan yakni, kelompok keramik. kelompok serat alam, kelompok batu-batuan, kelompok kayu- kayuan. kelompok tekstil, kelompok logam dan kelompok material asli yang lain. Penilaian lomba kriya terbaik harus memenuhi unsur excellence. authenticity, inovatif. marketability, eco-friendly dan fair social responsibility

“Yang juara ini nantinya akan dibawa ke Jakarta untuk mendapatkan pembinaan,” kata Hj. Niken.

Lomba ini terbuka untuk umum. mahasiswa dan pelajar di NTB. Hasil terbaik Dekranasda NTB award untuk kriya tahun 2019 akan dikuti pada Dekranas Award tahun 2020 di Jakarta.

“Kami harapkan dengan adanya acara ini posisi para pengrajin dan designer di NTB bisa terangkat dan bisa go internasional,” harapnya.

Pendaftaran lomba ini dibuka sejak Jumat 18 Oktober hingga 6 Desember 2019. Sedangkan penentuan pemenang akan diumumkan di Hotel Lombok Raya pada 14 Desember 2019 mendatang.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan inlormasi lebih lanjut bisa datang langsung ke Bale Kriya NTB, Jl. Langko No. 63 Mataram atau dapat menghubungi: – Lomba Desain Busana Tenun NTB Linda Hamidy (08123755576) , Maya Sukmantara (08176479687) Dekranasda NTB Award untuk Kriya : Efdalius Ruswandi (0816586453), Riana Meilia (0811391710). (f3)

Ket. Foto:
Dekranasda NTB saat menggelar Jumpa Pers di Ruang Kerja Utama Kantor Gubernur NTB. (HarianNusa.Com/f3).

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Universitas Warmadewa Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021, 4 Program Studi Baru Siap Cetak Tenaga Kerja Profesional

HarianNusa.Com, Denpasar - Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Bali dan Indonesia timur, Universitas Warmadewa (Unwar) di tahun 2020 kembali membuka pendaftaran...

Tahun 2020, TNI AD Rekrut 17.264 Prajurit, Yuk Daftar!!

HarianNusa.Com, Jakarta - Tahun 2020 TNI AD menambah alokasi rekrutmen (penerimaan) prajurit menjadi 17.264 orang. Selain itu prosedurnya juga relatif lebih mudah dan materi...

Pemerintah Provinsi Siapkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Sembako Gemilang.

Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, melakukan telekonferensi dengan Kapolda NTB, Danrem...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia