fbpx
23 C
Mataram
Minggu, Mei 24, 2020
Update Covid-19 Indonesia
21,745
Total Kasus
Updated on 24/05/2020 5:41 am
Beranda NTB Kodim Sumbawa Bersama KPH Batu Lanteh Amankan BB di Hutan Jati Semamung

Kodim Sumbawa Bersama KPH Batu Lanteh Amankan BB di Hutan Jati Semamung

HarianNusa.Com, Sumbawa – Kodim 1607/Sumbawa bersama KPH Batu Lanteh melakukan patroli bersama sebagai bentuk eksistensi pengamanan hutan, seperti yang dilakukan pada Sabtu malam (30/11/2019).

Patroli bersama hingga Minggu siang (1/12) di hutan jati Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu ini dipimpin Kasi Pengamanan KPH Suparman, S. Hut.,.
Dari patrol tersebut telah berhasil diamankan berupa kayu dengan panjang 2 meter sebanyak 54 batang dan 1 unit sensow di dua lokasi berbeda. Sementara terduga pelaku berhasil melarikan diri.

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., memberikan apresiasi atas keberhasilan pihaknya bersama KPH Batu Lanteh mengamankan puluhan batang kayu yang diduga hasil ilegal logging.

Menurutnya, pihaknya akan terus memberikan dukungan dan support kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas kehutanan untuk mengamankan kawasan hutan dengan mengirimkan personel melaksanakan patroli bersama dengan KPH.

“Kondisi hutan kita saat ini memperihatinkan, penebangan pohon secara liar akan memberikan dampak negatif bagi kita semua terutama masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan,” ungkap Dandim.

Memasuki musim hujan, lanjut Dandim, pihaknya mengingatkan agar tetap waspada terutama di tempat-tempat yang rawan banjir dan longsor.

Selain itu, Dandim juga berharap instansi terkait agar tegas terhadap pelaku ilegal logging dengan menerapkan ketentuan hukum yang berlaku sehingga memberikan efek jera bagi pelaku maupun oknum yang berpotensi untuk melakukan illegal logging.

Alumni Akmil 2000 tersebut juga mengajak semua komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan hutan dan lingkungan dengan tidak melakukan pembalakan liar dan mencanangkan reboisasi terhadap hutan dan lingkungan mengingat sudah mulai musim hujan sehingga pohon akan cepat tumbuh dan bermanfaat bagi anak cucu kedepan.

Puluhan batang kayu dan satu unit sensow sebagai barang bukti dipikul dari lokasi oleh tim gabungan menuju mobil angkutan dan diamankan di Kantor KPH Batu Lanteh Sumbawa. (f3)

Berita Populer Pekan Ini

Pola Pre-Emtif Polri dalam Penanggulangan Radikalisme

H. Lalu Anggawa Nuraksi(Pemerhati Budaya Sasak) Radikalisme dalam Bahasa Indonesia berarti faham yang keras, faham yang tidak mau mengakomodir pendapat orang lain, merasa fahamnya-lah yang...

Gubernur NTB Terbitkan Keputusan Baru Soal Idul Fitri

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menerbitkan keputusan terbaru yang mengatur tentang penetapan pelaksanaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah...

SKB Tentang Salat Idul Fitri DICABUT ! Gubernur NTB Serukan Salat Idul Fitri di Rumah dan Mall Ditutup

HarianNusa.com, Mataram - Pemerintah provinsi NTB mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang diperbolehkannya Salat Idul Fitri di daerah-daerah yang dinyatakan bebas Corona.“Kami mengimbau masyarakat...

Pemprov NTB Raih Predikat WTP untuk ke Sembilan Kalinya dari BPK

HarianNusa.com, Mataram - Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun...