fbpx
23 C
Mataram
Rabu, September 30, 2020
Update Covid-19 Indonesia
282,724
Total Kasus
Updated on 29/09/2020 8:57 pm
Beranda NTB Kodim Sumbawa Bersama KPH Batu Lanteh Amankan BB di Hutan Jati Semamung

Kodim Sumbawa Bersama KPH Batu Lanteh Amankan BB di Hutan Jati Semamung

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.Com, Sumbawa – Kodim 1607/Sumbawa bersama KPH Batu Lanteh melakukan patroli bersama sebagai bentuk eksistensi pengamanan hutan, seperti yang dilakukan pada Sabtu malam (30/11/2019).

Patroli bersama hingga Minggu siang (1/12) di hutan jati Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu ini dipimpin Kasi Pengamanan KPH Suparman, S. Hut.,.
Dari patrol tersebut telah berhasil diamankan berupa kayu dengan panjang 2 meter sebanyak 54 batang dan 1 unit sensow di dua lokasi berbeda. Sementara terduga pelaku berhasil melarikan diri.

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., memberikan apresiasi atas keberhasilan pihaknya bersama KPH Batu Lanteh mengamankan puluhan batang kayu yang diduga hasil ilegal logging.

- Advertisement -

Menurutnya, pihaknya akan terus memberikan dukungan dan support kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas kehutanan untuk mengamankan kawasan hutan dengan mengirimkan personel melaksanakan patroli bersama dengan KPH.

“Kondisi hutan kita saat ini memperihatinkan, penebangan pohon secara liar akan memberikan dampak negatif bagi kita semua terutama masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan,” ungkap Dandim.

Memasuki musim hujan, lanjut Dandim, pihaknya mengingatkan agar tetap waspada terutama di tempat-tempat yang rawan banjir dan longsor.

Selain itu, Dandim juga berharap instansi terkait agar tegas terhadap pelaku ilegal logging dengan menerapkan ketentuan hukum yang berlaku sehingga memberikan efek jera bagi pelaku maupun oknum yang berpotensi untuk melakukan illegal logging.

Alumni Akmil 2000 tersebut juga mengajak semua komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan hutan dan lingkungan dengan tidak melakukan pembalakan liar dan mencanangkan reboisasi terhadap hutan dan lingkungan mengingat sudah mulai musim hujan sehingga pohon akan cepat tumbuh dan bermanfaat bagi anak cucu kedepan.

Puluhan batang kayu dan satu unit sensow sebagai barang bukti dipikul dari lokasi oleh tim gabungan menuju mobil angkutan dan diamankan di Kantor KPH Batu Lanteh Sumbawa. (f3)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

BPKH dan DT Peduli Berikan Ambulance Gratis untuk Ponpes Darul Iman di KLU

HarianNusa.Com - Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhid (DT) Peduli bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan bantuan kemanusiaan berupa satu...

Road Show di KSB, TP PKK NTB Konsisten Memberi Semangat dan Membangun Sinergi

HarianNusa.com, Sumbawa Barat - Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi Ketua TP. PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dalam...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia