fbpx
23 C
Mataram
Sabtu, Juli 4, 2020
Update Covid-19 Indonesia
60,695
Total Kasus
Updated on 03/07/2020 10:32 pm
Beranda Hukum & Kriminal Hukum Mudahkan Pelayanan Keimigrasian, Kemenkumhan NTB Launching Aplikasi 'Halo Rinjani'

Mudahkan Pelayanan Keimigrasian, Kemenkumhan NTB Launching Aplikasi ‘Halo Rinjani’

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.Com, Mataram – Kementerian Hokum dan Hall Azasi Manusia (Kemenkumham) wilayah NTB melaunching aplikasi Halo Rinjani untuk memudahkan pelayanan keimigrasian di kantor imigrasi Kelas I Mataram.

Launching sekaligus dirangkai dengan upacara puncak peringatan Hari Bakti Imigrasi Mataram ke 70, bertempat di halaman kantor Kemenkumham NTB, Senin, (27/01/2020).

Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham NTB, Wilopo mengatakan bahwa pada intinya aplikasi Halo Rinjani ini sebagai sumber informasi untuk memudahkan para pemohon mendapatkan informasi mengenai keimigrasian karena terintegrasi dengan website Imigrasi Kelas I Mataram.

- Advertisement -

“Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan pengurusan passport atau terkait informasi orang asing,” ungkapnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Syahrifullah menyatakan aplikasi Halo Rinjani ini adalah salah satu inovasi baru yang mendukung pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Mataram untuk mudahkan pelayanan kepada masyarakat (pemohon).

Ini juga menjadi salah satu sarana untuk melakukan pembenahan pelayanan yang lebih baik, dimana dengan aplikasi ini para pemohon bisa melakukan pengurusan passport melakukan online.

Kendati demikian, pihaknya juga akan tetap memberikan pelayanan prima bagi para pemohon yang melakukan permohonan pembuatan passport secara manual, khususnya bagi lansia, masyarakat berkebutuhan khusus, dan yang bertempat tinggal jauh sehingga tidak bola balik dengan catatan di acc kepala kantor.

“Nah oleh karena itu kita harus membantu dalam pelayanan masyarakat yang membutuhkan passport tetapi semua saya acc, saya harus memilih dan memilah mana yang benar-benar membutuhkan pelayanan passport yang lebih cepat dan tepat sesuai tujuan yang dibutuhkan masyarakat,”

Sedangkan untuk perempuan yang berkaitan dengan permohonan umum, dengan tegas mengatakan menolak dengan alasan agar passport tidak disalah gunakan untuk mencari nafkah di luar negeri (menjadi TKW di Arab Saudi) kecuali mendapatkan rekomendasi ketenagakerjaan dari PJTKI/BP3TKI atau Disnakertrans.

Selain dengan aplikasi Halo Rinjani, Kantor imigrasi Kelas I Mataram juga akan menerapkan Indeks Kepuasan Masyarakat yang akan diisi oleh pemohon untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat (pemohon) terkait pelayanan di Imigrasi Mataram.

Sejak dilaunching, aplikasi Halo Rinjani ini sudah bisa digunakan dan akan melayani sekitar 100 orang pemohon setiap harinya. (f3)

Ket. Foto:

Launching Aplikasi Halo Rinjani oleh Kakanwil Kemenkumham NTB, Andi Dahrif Rafied. (HarianNusa.com/f3)

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Syahrifullah bersama Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham NTB, Wilopo saat diwawancara usai acara launching aplikasi Halo Rinjani. (HarianNusa.com/f3)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Tahun 2020, TNI AD Rekrut 17.264 Prajurit, Yuk Daftar!!

HarianNusa.Com, Jakarta - Tahun 2020 TNI AD menambah alokasi rekrutmen (penerimaan) prajurit menjadi 17.264 orang. Selain itu prosedurnya juga relatif lebih mudah dan materi...

Pemerintah Provinsi Siapkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Sembako Gemilang.

Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, melakukan telekonferensi dengan Kapolda NTB, Danrem...

Universitas Warmadewa Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021, 4 Program Studi Baru Siap Cetak Tenaga Kerja Profesional

HarianNusa.Com, Denpasar - Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Bali dan Indonesia timur, Universitas Warmadewa (Unwar) di tahun 2020 kembali membuka pendaftaran...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia