fbpx
26 C
Mataram
Beranda NTB Pemprov NTB dan Universitas Negeri Malang Tandatangani Kesepakatan

Pemprov NTB dan Universitas Negeri Malang Tandatangani Kesepakatan

HarianNusa.Com, Malang – Provinsi NTB dan Universitas Negeri Malang (UM) menandatagani kesepakatan kerjasama dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan implementasi program unggulan Pemerintah Provinsi NTB.

Penandatanganan itu berlangsung di Graha Rektorat Lt. 9 UM, yang dilakukan Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah dan Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M. Pd., Senin (10/02/2020).

Kegiatan itu juga dihadiri wakil rektor, para dekan, ketua-ketua lembaga kampus, mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata di NTB serta sejumlah mahasiswa NTB di Malang.

Wakil Gubernur NTB, Umi Rohmi menjelaskan, musibah gempa bumi yang melanda NTB tahun 2018 lalu. Musibah itu, lanjutnya, merupakan kejadian yang tidak disangka-sangka. Tidak kurang 400 orang meninggal dan ribuan luka-luka. Rumah dan fasilitas umum pun tidak luput dari musibah itu.

“Bagi masyarakat NTB, musibah itu merupakan ujian yang luar biasa yang tidak biasa dan tak disangka sangka,” ujar Umi Rohmi.

Sebagai masyarakat religius, dalam menghadapi musibah, masyarakat NTB cepat bangkit, cepat pulih dan cepat membangun kembali.

Buktinya, satu tahun berlalu dari musibah itu, proses rehabilitasi dan rekonstruksi telah dilakukan dengan cepat oleh pemerintah provinsi NTB. Semua pihak terlibat dalam proses tersebut. Semua komponen itu bergotong royong memulihkan keadaan masyarakat. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, sektor swasta, masyarakat, NGO terlibat pada rehabilitasi dan rekonstruksi itu.

Saat ini, proses rehab rekon di NTB dinilai oleh pemerintah pusat sebagai yang tercepat. Sehingga, menjadi contoh bagi daerah lain dalam proses yang sama terhadap musibah gempa bumi yang ada.

Karena musibah tersebut, Pemerintah Provinsi, jelas Umi Rohmi, telah menetapkan satu misi, yaitu NTB Tangguh dan Mantap. Misi ini kemudian dijabarkan dalam program desa tangguh bencana. “Tahun 2023, kita targetkan seluruh desa di NTB tangguh bencana,” ungkap Umi Rohmi.

Rektor UM, Prof. Dr. H. Ahmad Rofi’uddin, M.Pd menjelaskan, perguruan tinggi akan berbuat lebih. Terutama bekerjasama dengan pemerintah daerah dan dunia usaha. Program ini jelasnya menjadi komitmen dari perguruan tinggi, khususnya di Universitas Negeri Malang.

Ia mengatakan, program mitigasi bencana yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi NTB merupakan langkah positif dan dinilai bermanfaat untuk kepentingan masyarakat banyak. Apalagi, sebagian besar wilayah di Indonesia ini berada di cincin api sehingga mitigasi bencana itu sangat diperlukan.

“Perlu saya sampaikan bahwa kita di UM memiliki kebijakan bahwa setiap dosen harus memiliki dan wajib mengabdi kepada masyarakat, melalui penelitian. Dari dana penelitian yang bersumber dari APBN itu, ada sekitar 1500 proposal dan separuhnya diperuntukkan untuk penelitian,” jelasnya.

Sebagian dari penelitian akan diarahkan untuk pengabdian di wilayah NTB. Mahasiswa juga didorong semuanya untuk berbuat atau menggagas sebuah gerakan mahasiswa untuk berkarya, minimal setahun. Targetnya tentu untuk dipersembahkan bagi masyarakat, publik, dunia usaha dan lain sebagainya.

Di UM, terdapat lima jenis KKN. Diantaranya, KKN kebangsaan dan KKN pulang kampung. Dimana para mahasiswa bisa melaksanakan KKN di kampung asalnya. Tentu, dengan program yang dipersiapkan oleh kampus. Ini tentunya sebagai langkah awal untuk berbuat lebih banyak bagi cara keseluruhan.

Di akhir materi kuliah umum, selaku Wakil Gubernur NTB, Umi Rohmi mengutarakan harapannya agar kesepakatan ini dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi pembangunan di NTB khususnya dan Indonesia umumnya. Ia juga berharap, Universitas Negeri Malang semakin maju di masa yang akan datang. (f3/*)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Stay Connected

22,454FansSuka
6,320PengikutMengikuti
8,458PengikutMengikuti
1,453PelangganBerlangganan

Must Read

TNI-Polri Bersinergi Bantu ODP di Sumbawa

HarianNusa.com, Sumbawa - TNI-Polri terus bersinergi dalam membantu masyarakat ditengah merebaknya musibah penyebaran corona virus disease (Covid-19). Kali ini warga berstatus berstatus ODP di...
- Advertisement -

Alhamdulillah, Dua Pasien Positif Corona RSUD NTB Sembuh dan Dipulangkan

HarianNusa.com, Mataram - Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs.H. Lalu Gita Ariadi, M.Si menyatakan dua pasien Positif Corona (Covid-19) dinyatakan sembuh dan diperbolehkan...

Pasien PDP asal Lombok Barat yang meninggal Dinyatakan Negatif Corona

HarianNusa.com, Mataram - Sekretaris Daerah NTB selaku Ketua Harian Gugus Tugas Provinsi Nusa Tenggara Barat, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si menyampaikan seorang...

75 arang Diamankan dalam Operasi Pekat Polres Lombok Timur

HarianNusa.com, Lombok Timur - Polres Lombok Timur berhasil mengamankan 75 orang tersangka berikut puluhan barang bukti kendaraan, barang elektronik, miras serta uang tunai dalam...

Berita Populer Pekan ini

Angin Puting Beliung Terekam Kamera dari Area Bandara Internasional Lombok

HarianNusa.com, Lombok Tengah - Sebuah video angin puting beliung beredar dengan cepat melalui jejaring media sosial WhatsApp Minggu (5/4) Siang. Video ponsel...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

PHBS Strategi Tangkal Penyebaran Virus Versi Satgas Pandemi Covid-19 Unram

HarianNusa.com, Mataram - Satuan Tugas (Satgas) Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Universitas Mataram (Unram), yang dibentuk sebagai salah satu strategi kesiapan Unram dalam...

BPKH dan DT Peduli Berikan Ambulance Gratis untuk Ponpes Darul Iman di KLU

HarianNusa.Com - Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhid (DT) Peduli bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan bantuan kemanusiaan berupa satu...

Pemprov NTB Fokus Pada Pencegahan Covid 19 & Penanganan Dampak Social Ekonomi

HarianNusa.com, Mataram - Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., memastikan kebijakan dan langkah yang akan diambil Pemprov NTB saat ini...