Jumat, April 19, 2024
BerandaOpiniGubernur Road Show dan Tidur di Masjid, Biasakah?

Gubernur Road Show dan Tidur di Masjid, Biasakah?

- Advertisement -

Dibeberapa grup media sosial di Nusa Tenggara Barat sempat ramai menjadi perbincangan hangat, perbincangan itu sontak layaknya artis papan atas yang dibicarakan oleh setiap netizen facebook beberapa hari yang lalu.

Yang dibicarakan adalah soal gaya kepemimpinan Gubernur NTB Zulkiflimansyah yang akrab disapa Bang Zul.

Gubernur Nusa Tenggara Barat meng-upload kegiatannya melalui akun facebook miliknya, dalam gambar yang di upload tersebut bahwa Dr Zul sedang tertidur di sebuah masjid yang ada di pulau Sumbawa.

Dalam facebook tersebut, sang Gubernur Bang Zul mendapat banyak penghargaan dan juga kritikan, ada kritikan yang baik, dan ada juga kritikan yang buruk, mulai dari dianggapnya pencitraan dan juga dianggap biasa-biasa saja bagi sebagian netizen.

Menurut penulis bahwa karakter masyarakat di Nusa Tenggara Barat hari ini masih sangat identik dengan senang dan bahagia dikunjungi dan di ramahi oleh pemimpinnya, sesungguhnya masyarakat kita di NTB ini tidak menuntut banyak hal kepada pemerintah, melainkan bisa bertemu dan disapa saja mereka sudah sangat bahagia dan senang.

Hal inilah kalau kemudian sang Gubernur Dr Zul hari ini melakukan pola-pola humanis dan ramah terhadap rakyatnya sudah sangat luar biasa dan bagi saya itu tidak biasa dan tidak mudah untuk dilakukan oleh pemimpin lain di indonesia atau bahkan lebih khusus di Nusa Tenggara Barat.

Jadi sikap dan gaya Dr Zul ketika melakukan kunjungan ke beberapa daerah lain di NTB ini sudah sangat memuaskan bagi masyarakat grassroot atau akar rumput. Apalagi seorang Gubernur yang mendatangi rakyatnya dan bahkan tertidur pulas di tempat-tempat warga atau Masjid warga, masyarakat di NTB bahkan dimana pun itu pasti akan sangat senang dan bangga melihat sosok pemimpinnya yang ingin berlelah-lelah tidur bersama rakyatnya.

Menurut saya kalau kemudian ada diantara sebagian netizen yang mengkritik sikap Gubernur yang tidur di masjid saat melakukan kunjungan kerja itu menurut saya belum pernah merasakan atau belum pernah bergaul dengan masyarakat. Seperti apa sih sebenarnya yang diinginkan oleh masyarakat kita yang ada di Nusa Tenggara Barat ini.

Kalau kita flashback bagaimana gaya kepemimpinan terdahulu di Nusa Tenggara Barat tentu sangat jauh berbeda dengan gaya Dr Zul hari ini. Kalau dulu, jangankan bertemu langsung dan mengobrol dengan masyarakat, bertamu di ruangannya saja sangat sulit dan bahkan tidak bisa ditemui dengan alasan yang beragam.

Nah, jadi ketika hari ini sang Gubernur turun menyapa masyarakat kemudian berbaur dan mendengarkan langsung curhatan masyarakat, saya yakin masyarakat kita di NTB ini sangat berbangga dan senang. Jarang-jarang seorang kepala pemerintahan tertinggi di NTB ingin tidur bareng dan bersama di dalam satu masjid, sekaligus mendengarkan langsung apa yang menjadi keluhan masyarakatnya.

Saya ingin mengutip salah satu ayat dalam Al Qur’an begaimana sejatinya seorang pemimpin agar seluruh rakyat yang dipimpinnya menerima dan senang. Ayat ini juga menunjukkan bagaimana pola dan gaya kepemimpinan sang Baginda Nabi Muhammad SAW pada masa itu.

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

“Maka sebab rahmat dari Allah, engkau bersikap lemah-lembut kepada mereka. Seandainya engkau bersikap kasar (dalam ucapan dan perbuatan), mereka pasti pergi meninggalkanmu (tidak mau berdekatan denganmu). Maafkanlah mereka. Mohonkan ampun lah untuk mereka. Ajaklah mereka bermusyawarah (mendengarkan aspirasi mereka) dalam segala perkara (yang akan dikerjakan). Jika engkau sudah berketetapan hati, tawakal-lah kepada Allah. Sungguh Allah mencintai orang-orang yang tawakal” (Surat Ali Imran ayat 159).

Pola lemah lembut dan merangkul serta terbuka menurut saya sudah dimiliki oleh seorang Dr Zul dalam memimpin, bagaimana tidak segala permasalahan yang terjadi di masyarakat hari ini sangat mudah langsung ditanggapi oleh Gubernur karena dengan adanya media sosial.

Ketika Gubernur meng upload setiap agenda kerjanya menggunakan akun resmi facebook milikinya, sontak ketika langsung di komentari oleh warga dengan melaporkan permasalahannya, maka tidak lama sang Gubernur secara langsung menjawab dan mengatensi semua jenis permaslahannya. Dan bahkan Gubernur langsung mengarahkan bawahannya untuk segera memberikan pelayanan terbaik kepada warga tersebut.

Nah, menurut saya gaya-gaya kepemimpinan ini sangat jarang kita temukan di Nusa Tenggara Barat sejak periode kepemimpinan. Bagi saya gaya semacam ini harus terus ditingkatkan oleh sang Gubernur Dr Zul. Karena masyarakat sangat merasakan dan menikmati sekali gaya yang jamak-jamak (biasa, red) dan apa adanya yang dilihat oleh warga kita di Nusa Tenggara Barat ini.

Sebelum mengakhiri tulisan saya ini, saya berharap model dan gaya kepemimpinan Gubernur NTB Dr Zul semacam uraian diatas sangat cocok digunakan di Nusa Tenggara Barat, artinya bahwa keberpihakan terhadap rakyat kecil menjadi prioritas disamping yang lainnya.

Semoga sang Gubernur tetap diberikan kesehatan dalam bertugas, sungguh menurut saya berat menjadi Gubernur dengan dua pulau dan jutaan rakyat yang harus dilayani, kemudian dengan gaya yang apa adanya dan tidak mau gaya gayaan dalam menggunakan posisi jabatannya sebagai Gubernur. Kalau menurut saya, mau berpenampilan seperti apapun Dr Zul sebagai Gubernur, dia tetaplah seorang Gubernur, seorang pemimpin tertinggi di Nusa Tenggara Barat. Jadi untuk sang Gubernur NTB, tetaplah dengan gaya blusukan dan membersamai rakyat, dan tetap merangkul masyarakat dalam berbagai situasi dan kondisi.

Penulis: Pauzan Basri
Ketua PW IPNU NTB

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, April 19, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, April 19, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -