fbpx
23 C
Mataram
Jumat, September 17, 2021
Update Covid-19 Indonesia
4,181,309
Total Kasus
Updated on 17/09/2021 10:38 am
BerandaOpiniMiris, Ini Dampak Buruk Penggunaan Gadget Bagi Pendidikan Dan Perkembangan Anak

Miris, Ini Dampak Buruk Penggunaan Gadget Bagi Pendidikan Dan Perkembangan Anak

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Opini dari Hurriyatul Azizah
Mahasiswi PIAUD UIN Mataram

Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membimbing, mengawasi, melindungi dan mendisiplinkan anak untuk dapat membentuk kepribadian yang baik pada anak dalam usaha mencapai kedewasaan yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam lingkungan masyarakat.

Keluarga merupakan suatu unit terkecil dalam lapisan masyarakat tetapi memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mempengaruhi kehidupan anak. Lingkungan keluarga merupakan faktor yang sangat menentukan bagi perkembangan anak. Pengaruh lingkungan keluarga yang baik akan berdampak baik bagi perkembangan anak yang akan berpengaruh terhadap perilaku dan karakter anak.

- Advertisement -

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sudah tidak dapat dipungkiri lagi terlebih di zaman sekarang ini. Seperti contoh dalam penggunaan gatget, anak-anak zaman dahulu yang jarang bahkan tidak pernah mengenal apa itu gadget memiliki masa kecil yang terbilang asik dan menyenangkan. Mereka menghabiskan waktu untuk bermain kesana kemari bersama teman-temannya.

Berbeda dengan anak zaman sekarang mereka malah lebih banyak menghabiskan waktu bermain di rumah dengan mengurung diri di kamarnya sambil bermain gadget. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak yang baru berusia 2 tahun saja sudah mengenal apa itu gadget. Mungkin hal ini terdengar sangat miris namun kenyataannya memang seperti itu. Terlebih lagi di masa pandemi ini dimana sekolah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (daring) yang mengharuskan setiap siswa untuk memiliki Hp/gadget.

Untuk dapat mendukung kegiatan belajar anak di rumah orang tua berusaha untuk memfasilitasi dengan membelikan gadget untuk anak dengan tujuan agar anak dapat melaksanakan kegiatan belajar daring dengan mudah. Namun hal tersebut justru menimbulkan banyak sekali dampak negatif terhadap pendidikan dan perkembangan anak. Mulai dari perkembangan otak anak, kesehatan anak terutama pada mata, waktu yang terbuang sia-sia, hilangnya ketertarikan anak bermain di luar, dan masih banyak dampak negatif lainnya. Anak menjadi kecanduan dalam menggunakan gadget secara berlebihan terutama dalam bermain game dan menonton youtube.

Disinilah letak dan peran penting orang tua dalam mengawasi dan memperhatikan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anak. Terlebih pada masa sekarang ini anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Namun tidak jarang kita lihat banyak sekali orang tua yang kurang bahkan tidak memperhatikan anak sama sekali dalam kesehariannya terutama dalam kegiatan belajar anak di rumah. Tanpa disadari hal tersebut menjadi boomerang bagi orang tua ketika anak mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget dibandingkan dengan bersosialisasi bersama keluarga maupun orang lain.

Melihat begitu banyaknya dampak negatif dari penggunaan gadget terhadap perkembangan anak, hendaknya orang tua bisa lebih fokus dalam menjaga, mengawasi dan memperhatikan perkembangan anak di rumah.

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -