fbpx
23 C
Mataram
Sabtu, November 27, 2021
Update Covid-19 Indonesia
4,255,672
Total Kasus
Updated on 27/11/2021 2:06 pm
BerandaSumbawaAliansi Sumbawa Untuk Palestina Tunjukkan Solidaritas

Aliansi Sumbawa Untuk Palestina Tunjukkan Solidaritas

- Advertisement -
- Advertisement -

HarianNusa.com, Sumbawa – Sejumlah organisasi masyarakat di Sumbawa membentuk aliansi untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina. Aksi massa Sumbawa untuk Palestina turun ke jalan mengecam aksi brutal tentara Israel terhadap Rakyat Palestina Jumat siang, 21 Mei 2021.

Kegiatan aksi Sumbawa Bela Palestina diawali dengan berjalan kaki atau long march dari Lapangan Pahlawan, jam gadang sampai ke kantor Bupati Sumbawa. Aparat kepolisian Polres Sumbawa tampak berjaga-jaga selama aksi berlangsung.

Aliansi Sumbawa untuk Palestina ini terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sumbawa, KAMMI Sumbawa, Karang Taruna Pupinka, Sumbawa Peduli Jilbab, FSLDK Zone, Relawan Nusantara, HMI UTS, Rohis Sumbawa, Lentera Maca, KNRP Sumbawa, Karang Taruna sebasa, dan Pemuda Muhammadiyah Sumbawa.

- Advertisement -

“Walaupun aksi diterik matahari siang, ini menunjukkan bahwa pemuda-pemudi, mahasiswa-mahasiswi, dan masyarakat Sumbawa berdiri tegak bersama Palestina, guna mendukung dan mendorong agar kemerdekaan Palestina dapat sepenuhnya di rebut kembali”, ujar Juliadi, S.T.P yang bertindak sebagai Korlap Aksi.

Sebelumnya, Koordinator Umum Aksi Aulia Nurrahman, S.T.P menyampaikan orasi pembuka.

“Aksi ini bentuk keprihatinan yang mendalam dan bentuk solidaritas kami sebagai masyarakat Sumbawa terhadap saudara-saudari di Palestina”, tegasnya

Menurut Aul, letak geografis sumbawa yang jauh dari Palestina tidak menghalagi mereka untuk menunjukkan kepedulian.

“Walaupun jarak Sumbawa jauh dari dari Palestina, walaupun kita terpisahkan oleh jarak dan waktu, namun itu tidak menjadi alasan untuk tidak membela Palestina. Karena umat muslim itu dimanapun berada, mereka tetap satu kesatuan. Ibarat sebuah tubuh apabila salah satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya akan merasakan sakitnya”, ungkapnya.

“Selain itu, aksi Bela Palestina ini tidak hanya di dasari oleh dasar agama namun atas dasar kemanusiaan dan kebangsaan”, imbuhnya.

Massa aksi Sumbawa Bela Palestina kemudian menyampaikan tuntutannya di depan Kantor Bupati Sumbawa.

Mengecam dan mengutuk dengan keras perilaku Zionis Israel yang melakukan
penjajahan, penindasan, kebiadaban dan kekejaman terhadap Palestina.

Mengecam Amerika dan para pendukung perilaku biadab Zionis Israel terhadap
bangsa Palestina. Sebab tindakan mereka dalam mendukung Penjajahan Israel
terhadap Palestina telah bertentangan dengan semangat Perdamaian Dunia dan
pengakuan Hak-hak Negara-Bangsa untuk hidup dengan Sejahtera, Aman,
Merdeka dan Berdaulat.

Mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina.

Mendorong Pemerintah untuk mendukung kemerdekaan Palestina dengan lebih
agresif dan progresif.

Mendorong Pemerintah untuk menjamin keselamatan seluruh WNI yang
berada di Palestina yang berjuang sebagai garda terdepan aktivis kemanusiaan.

Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menyerukan, menyuarakan,
serta mendukung kemerdekaan Palestina baik dengan kampanye di media
sosial, berinfaq, shodaqoh dan hal apapun yang bisa dan sanggup dilakukan.

Mendorong pemerintah Sumbawa untuk mengeluarkan surat edaran dan kebijakan terhadap instansi- instansi dan desa-desa yang ada di Sumbawa untuk mengeluarkan infak berupa uang dll, untuk sebagai bentuk dukungan support kemerdekaan Palestina.

Mendorong pemerintah untuk mengeluarkan surat edaran terkait pengibaran bendera Palestina di setiap desa-desa dan instansi-instansi yang ada di Sumbawa.

Mendorong Pemerintah Sumbawa untuk mengeluarkan surat edaran terkait Instruksi sholat goib kepada masyarakat Sumbawa.

Mendorong pemerintah untuk mengeluarkan pernyataan sikap untuk memboikot produk-produk Yahudi yang ada di Indonesia, terkhusus Sumbawa.

Bupati Sumbawa Keluarkan Surat Edaran Bantu Palestina.

Massa aksi diterima langsung oleh Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah didampingi oleh Sekda Drs. H. Hasan Basri, MM.

Bupati Kabupaten Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah mengaku telah mengeluarkan surat edaran untuk mendukung rakyat Palestina.

“Kami sudah menunjukan empati dan solidaritas kemanusiaan terhadap kondisi Rakyat Palestina yg menjadi korban serangan militer Israel, dan sudah mengeluarkan Surat Edaran himbauan nomor: 338/235/PEM/2021 untuk melaksanakan istighosah untuk perlindungan dan pertolongan saudara-saudara rakyat palestina”, tuturnya.

Menurut Haji Mo (Mahmud Abdullah), pemerintah Sumbawa sangat mendukung apa yg dilakukan masyarakat Sumbawa yang anti terhadap tindakan kekerasan Israel dan mendukung rakyat Palestina. Pihaknya akan menyampaikan tuntutan aksi kepada pemerintah Provinsi dan Pusat.

Aksi diakhiri dengan seni tetrikal menampilkan aksi Israel terhadap masyarakat Palestina yang mendapat kekerasan dan tindakan brutal tentara Israel.

- Advertisement -
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -