Rabu, Juni 19, 2024
spot_imgspot_img
BerandaKota MataramPersiapan ADWI 2023, Giong Siu Terus Dipercantik

Persiapan ADWI 2023, Giong Siu Terus Dipercantik

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Obyek Wisata Giong Siu yang terletak di kawasan pinggiran kota Mataram yakni di Lingkungan Babakan Kebon, Kelurahan Babakan, Kecamatan Sandubaya Kota Mataram ini menawarkan wisata berkonsep alam terbuka.

Wisata Giong Siu yang berada dilahan seluas 1, 3 hektar milik pemkot Mataram ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bahana Lestari Babakan.

Giong Siu sendiri oleh Dinas Pariwisata Kota Mataram telah diusulkan mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata RI.

"Oleh Pemerintah Kota Mataram, Wisata Giong Siu ini telah didaftarkan pada Anugerah Desa Wisata 2023 bulan Juni mendatang," ungkap Ketua Kelompok Pokdarwis Bahana Lestari Babakan Ahmad Sukriadi yang diwakili Sekretaris Mujtahid saat acara soft Launching Giong Siu, Sabtu, (11/2/23) sore.

Untuk mempercantik dan melengkapi wahana wisata Giong Siu yang berkonsep alam terbuka ini dalam menunjang ADWI 2023 dan agar lebih menarik minat pengunjung, Pemerintah Kota Mataram menyiapkan dana Rp 200 juta.

"Untuk penataan wisata Giong Siu ini, pemkot akan memberikan dana Rp200 juta. Ini untuk mendukung penilaian ADWI 2023 mendatang," jelasnya.

Sebelumnya Giong Siu juga telah mendapatkan bantuan 25 unit hammok atau ayunan (tempat tidur gantung) dan 25 unit tenda dari Pemkot Mataram.

Ketua Komisi II DPRD Kota Mataram, Herman, A.Md mengatakan pihaknya juga telah melakukan pembebasan lahan seluas 3 are untuk akses jalan dan areal parkir Giong Siu.

"Kami sudah melakukan pembebasan jalan. Saat ini masih numpang jalan pemukiman warga. InsyaAllah kedepannya sudah ada jalan sendiri ke Giong Siu," ungkapnya.

Dirinya sangat mengapresiasi perjuangan masyarakatnya yang tergabung dalam Pokdarwis Bahana Lestari Babakan dalam memperjuangkan RTH milik pemkot ini untuk dapat dikelola menjadi tempat wisata yang menarik.

"Dengan demikian warga Kota Mataram dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh mencari tempat wisata. Di Giong Siu tempatnya nyaman dengan berbagai wahana yang menarik serta dilengkapi aneka kuliner tradisional khas sasak," pungkasnya.

Pada soft launching Giong Siu ini terlihat pengunjung semakin sore semakin ramai berdatangan. Acara ini dimeriahkan dengan pagelaran tarian tradisional sasak yani tarian Rudat. (03)

RELATED ARTICLES
spot_img
Rabu, Juni 19, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Rabu, Juni 19, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -