Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
BerandaHeadlineLalu Gita Ariadi Ditunjuk jadi Penjabat Gubernur NTB

Lalu Gita Ariadi Ditunjuk jadi Penjabat Gubernur NTB

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Setelah Tim Penilai Akhir (TPA) melaksanakan sidang yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, Kamis 31 Agustus 2023 di Jakarta kemarin, Presiden Joko Widodo resmi menunjuk penjabat Gubernur di 10 provinsi yang akan berakhir masa pada 19 September 2023 termasuk NTB.

Dari 10 Pj Gubernur yang ditunjuk tersebut, salah satunya adalah Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Ariadi jadi Penjabat Gubernur NTB.

"Benar, rapat TPA sudah dilakukan," kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin dikutip dari Detik.com pada Jumat 1 September 2023 di Jakarta.

Ali tak membantah 10 nama calon Pj Gubernur yang telah beredar tersebut. Salah satunya adalah Lalu Gita Ariadi.

Ia menerangkan, pada Kamis pukul 11.30 WIB, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo terkait usulan nama-nama Pj Gubernur 10 provinsi tersebut.

"Kemudian pukul 15.00 WIB Pak Presiden memimpin langsung sidang TPA untuk penentuan Calon Penjabat Gubernur," jelasnya.

Selanjutnya, kata Ali Ngabalin, setelah resmi penunjukan nama Pj, maka akan dilakukan pelantikan oleh Kemendagri. Dan akan dilanjutkan dengan serah terima jabatan di provinsi masing-masing.

"Jadi, setelah penunjukan nama, maka dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari Gubernur ke Pj Gubenur," jelasnya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Akmal Malik menyebut nama Pj Gubernur itu masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres).

"Iya, nanti ada Keppres. Jadi kami tunggu Keppres keluar," ujar Akmal.

Sebagai informasi, nama Lalu Gita memang merupakan satu dari tiga nama yang diusulkan DPRD NTB ke Kemendagri. Dua nama lain, yakni Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD RI Lalu Niqman Zahir dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali. (HN)

RELATED ARTICLES
spot_img
Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -