Rabu, Juli 17, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBJelang Akhir Tugas, Umi Rohmi Resmikan Command Center NTB

Jelang Akhir Tugas, Umi Rohmi Resmikan Command Center NTB

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Menjelang akhir masa tugasnya sebagai wakil kepala daerah yang akan berakhir pada tanggal 19 September 2023 ini, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang akrab disapa Umi Rohmi, meresmikan Command Center (CC) Provinsi NTB, bertempat di Ruang CC Kantor Gubernur, Mataram, pada Kamis (14/9).

Command Center NTB akan menjadi pusat visualisasi dan integrasi data Nusa Tenggara Barat yang dilengkapi dengan berbagai infrastruktur untuk kegiatan monitoring, koordinasi dan pengambilan keputusan. Lokasi Command Center NTB berada di kawasan Kantor Gubernur NTB.

Tujuan dari pembangunan command center yakni menyediakan fasilitas pusat koordinasi, komunikasi, kendali, informasi untuk mendukung terciptanya keputusan cepat dan tepat didukung dengan informasi yang terintegrasi dengan sistem informasi di Perangkat Daerah dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Barat.

Command Center atau Ruang Pemantau berfungsi mengontrol data internal,dan memonitor langsung kondisi di NTB melalui dashboard yang disediakan. Sebagai contoh, CCTV yang menampilkan keadaan di beberapa titik strategis dan perkantoran, dashboard yang sudah terintegrasi dengan aplikasi penting diantaranya NTB Care, SIP Posyandu, Lestari, Simanis, NTB Mall, Sisparnas Kemenparekraf, SiAga Bencana, Potensi Investasi, Dasboard Keuangan, Silamo BPKAD, e-retribusi dan lainnya.

Didampingi Kepala Dinas Kominfotik Dr. Najamuddin dan Kepala UPTD Pusat Layanan Digital Ari Wahyuddin S,STP., MM., Wagub menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kominfotik NTB akhirnya mampu mewujudkan Command Center.

"Saya tidak mau seperti command center lainnya kerennya saja dengan layar-layar yang lebar, TV yang besar dan lain sebagainya tetapi fungsinya yang jalan," ujar Umi Rohmi sapaan akrab Wagub.

Ditambahkan Umi Rohmi, namanya Command center itu adalah bagaimana publik bisa membuka semua data, bisa mengakses dengan mudah serta komunikasinya lebih mudah.

"Namanya smart government itu ya harus terealisasi melalui command center ini. Jangan kerennya saja tetapi pemanfaatannya sehingga kedepannya bisa dilengkapi," pungkasnya.

Sebelumnya Kadis Kominfotik menyampaikan, bahwa di Provinsi NTB ada 213 aplikasi, 62 aplikasinya itu adalah yang mengantarkan NTB untuk meraih penghargaan sebagai Provinsi terinovatif dalam 2 tahun terakhir.

"Dari 62 aplikasi itu ada 17 aplikasi yang betul-betul melahirkan pelayanan publikal yang sudah terintegrasi dengan command center dan tersambung dengan kementerian terkait," ungkapnya.

Bang Najam sapaannya mengatakan, ada 2 aplikasi yang sudah tersambung dengan pusat diantaranya aplikasi BWS dengan kementerian PUPR. Kemudian aplikasi si-Parnas sudah nyambung dengan kementerian pariwisata. Sehingga sisanya yang lain menjadi tanggung bersama untuk mewujudkannya. (03)

Ket. Foto:

Wagub NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah meresmikan Command Center Provinsi NTB. (Istimewa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Rabu, Juli 17, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Rabu, Juli 17, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -