Jumat, Juli 26, 2024
spot_imgspot_img
BerandaHeadlineDua Anggota DPRD Provinsi NTB Diperkirakan Melenggang ke DPR-RI

Dua Anggota DPRD Provinsi NTB Diperkirakan Melenggang ke DPR-RI

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat (NTB) diperkirakan meraih kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) mewakili daerah pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Barat II Pulau Lombok, berdasarkan hasil sementara dari sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan data yang tersedia di laman resmi pemilu2024.kpu.go.id hingga Kamis (22/2) pagi, jumlah suara yang masuk untuk Dapil NTB II Pulau Lombok telah mencapai 7.738 dari total 11.530 tempat pemungutan suara (TPS), atau setara dengan 67,811 persen.

Kedua anggota DPRD NTB yang berpotensi melangkah ke tingkat nasional tersebut adalah Abdul Hadi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Lalu Hadrian Irfani dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Abdul Hadi pribadi saat ini telah mengumpulkan 43.400 suara, sementara total suara partai dan calon mencapai 117.368 suara. Sedangkan Lalu Hadrian Irfani mendapatkan dukungan sebanyak 40.129 suara, kemudian total suara partai dan calon sebanyak 88.442 suara.

Abdul Hadi merupakan anggota DPRD NTB dari Fraksi PKS. Sejumlah posisi penting di legislatif telah diemban olehnya, termasuk pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD NTB dan Ketua DPW PKS NTB.

Sementara itu, Lalu Hadrian Irfani saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi V DPRD NTB Bidang Kesejahteraan dan Pemberdayaan Perempuan. Selain itu, Hadrian Irfani juga menjabat sebagai Ketua DPW PKB NTB.

“Tentu, saat ini, kami bersyukur bahwa masyarakat sangat menginginkan PKB untuk menjadi penyalur aspirasinya di DPR RI,” ujar Hadrian Irfani saat dihubungi melalui WhatsApp, Kamis (22/2/2024) sebagaimana dilansir AntaraNews.com.

Hadrian juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah menginstruksikan seluruh saksi PKB untuk mengawal ketat perolehan suara partai tersebut dalam proses rekapitulasi yang sedang berlangsung di PPK. Meskipun demikian, dirinya menegaskan akan menunggu hasil penghitungan suara resmi dari KPU.

“Saat ini, kami sedang instruksikan saksi-saksi di seluruh kecamatan untuk mengawal ketat setiap perolehan suara PKB,” katanya.

Selain kader PKS dan PKB, beberapa calon legislatif (Caleg) juga berpotensi meraih kursi di Gedung DPR RI dari Dapil NTB II Pulau Lombok, berdasarkan perolehan suara partai dan calon.

Di antara mereka adalah Lale Syifaun Nufus dari Partai Gerindra dengan perolehan suara 79.275, Sari Yuliati dari Partai Golkar dengan perolehan suara 53.403, Fauzan Khalid dari Partai NasDem dengan perolehan suara 28.380, Muazzim Akbar dari Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan suara 23.005, Nanang Samodra dari Partai Demokrat dengan perolehan suara 35.016, dan Ermalena dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan suara 28.181.

Ambang Batas Electoral Tresshold

Partai Perindo memperoleh perolehan suara tertinggi di Dapil NTB II Pulau Lombok dengan 115.764 suara, dengan calon tertinggi Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi memperoleh 103.285 suara. Namun, Partai Perindo dihadapkan pada kendala ambang batas parlemen sebesar 4 persen, yang mungkin menghalangi kemungkinan lolosnya partai tersebut ke Senayan.

Perlu diingat, bahwa data diatas ini bersifat sementara dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU.

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Juli 26, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Juli 26, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -