Gagas Sekolah Politik, Megawati Sambangi Ketua DPRD NTB

62

MATARAM, HarianNusa.Com – NTB Public Initiative (NPI) yang belum lama ini melaksanakan Sekolah Politik di Mataram NTB, kini menggagas Sekolah Parlemen. Konsep Sekolah Parlemen ini ditawarkan NPI ke DPRD NTB. Untuk maksud itulah, Ketua NPI, Megawati Lestari SH menemui Ketua DPRD NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda SH MH. Pertemuan yang difasilitasi Pimpinan Komisi IV DPRD NTB, Nurdin Ranggabarani SH MH tersebut berlangsung di ruang kerja Ketua DPRD NTB, kemarin. Gagasan Sekolah Parlemen tersebut disambut baik Ketua DPRD NTB.

Menurut Ketua NPI, Megawati Lestari, melalui Sekolah Parlemen itu nantinya diharapkan masyarakat luas dapat lebih mengenal dan mengetahui agenda, aktifitas, kegiatan, hingga kinerja lembaga parlemen dalam melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya sebagai lembaga perwakilan rakyat.

Melalui Sekolah Parlemen ini nantinya ungkap Mega—sapaan singkat dara ayu ini, masyarakat luas akan mengetahui peran dan fungsi DPRD dalam pengambilan keputusan terkait berbagai regulasi maupun kebijakan daerah bersama Gubernur selaku Kepala Daerah. Seperti dalam penyusunan Peraturan Daerah, APBD, tugas dan fungsi Alat Kelengkapan Dewan (AKD), seperti Pimpinan Dewan, Komisi-komisi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Pembentukan Perda, Badan Kehormatan hingga fraksi-fraksi dewan.

Menurutnya, Sekolah Parlemen ini akan diikuti oleh para pemuda dari berbagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum. Dengan materi yang terkait langsung dengan fungsi, tugas dan kewenangan parlemen. Dan Sekolah Parlemen ini yang pertamakali serta satu-satunya di Indonesia yang digagas dan diawali dari NTB.

Sementara itu, Ketua DPRD NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaedah menyambut baik gagasan tersebut. Isvie menyatakan agar istilah Sekolah dapat disesuaikan dengan kegiatan yang direncanakan. “Kami menyambut baik dan positif gagasan ini, agar masyarakat luas juga dapat mengetahui dan mengerti tentang fungsi tugas dan kewenangan lembaga ini,” ucap Isvie. (psn)

iklanbebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online