fbpx
23 C
Mataram
Minggu, Januari 24, 2021
Update Covid-19 Indonesia
989,262
Total Kasus
Updated on 24/01/2021 2:33 pm
Beranda Bima Gempa 4,6 SR Mengguncang Bima, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa 4,6 SR Mengguncang Bima, Tidak Berpotensi Tsunami

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia

HarianNusa.com, Bima – Gempa berkekuatan 4,6 skala richtar mengguncang Kabupaten dan Kota Bima malam tadi, Senin (12/6). Gempa terjadi sekitar pukul 19.35 Wita. Pusat gempa diketahui berada pada koordinat 8,83 Lintang Selatan dan 119,17 Bujur Timur, pada kedalaman 135 kilometer.

- Advertisement -

Kepala BMKG Stasiun Bil, Oral Sem Wilar mengatakan tingkat guncangan gempa lemah dan dirasakan beberapa warga setempat.

“Pada tingkat guncangan (shake map), BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah. Dirasakan di daerah Bima dalam skala intensitas I-II MMI,” ujarnya melalui pesan singkat.

Gempa bumi tidak berpotensi Tsunami. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi darat di Bima merupakan jenis gempa bumi tektonik akibat aktivitas sesar aktif.

- Advertisement -

“Hasil monitoring BMKG, hingga saat ini belum terjadi gempa bumi susulan. Karena terjadi di darat, maka gempa bumi tidak berpotensi Tsunami,” pungkasnya.

BMKG mengimbau agar masyarat tetap tenang dan tidak mudah percaya kabar gempa bumi susulan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Kami mengimbau agar masyarakat di Bima tetap tenang dan tidak terpancing kabar yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.” imbaunya. (sat)

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Unram Kembali Terapkan WFH

HarianNusa.com, Mataram - Universitas Mataram (Unram) kembali memberlakukan penyesuaian sistem kerja untuk mengantisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19. Dimana hal tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) terbaru...

Persediaan Pupuk di NTB Aman hingga 2,5 Bulan Kedepan

HarianNusa.com, Mataram - Persediaan pupuk di Nusa Tenggara Barat hingga 2,5 bulan ke depan sangat aman. Hal tersebut ditegaskan Superintendent Kantor Pemasaran Pupuk Kaltim...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia