Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
BerandaBimaGempa 4,6 SR Mengguncang Bima, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa 4,6 SR Mengguncang Bima, Tidak Berpotensi Tsunami

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa.com, Bima – Gempa berkekuatan 4,6 skala richtar mengguncang Kabupaten dan Kota Bima malam tadi, Senin (12/6). Gempa terjadi sekitar pukul 19.35 Wita. Pusat gempa diketahui berada pada koordinat 8,83 Lintang Selatan dan 119,17 Bujur Timur, pada kedalaman 135 kilometer.

Kepala BMKG Stasiun Bil, Oral Sem Wilar mengatakan tingkat guncangan gempa lemah dan dirasakan beberapa warga setempat.

“Pada tingkat guncangan (shake map), BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah. Dirasakan di daerah Bima dalam skala intensitas I-II MMI,” ujarnya melalui pesan singkat.

Gempa bumi tidak berpotensi Tsunami. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi darat di Bima merupakan jenis gempa bumi tektonik akibat aktivitas sesar aktif.

“Hasil monitoring BMKG, hingga saat ini belum terjadi gempa bumi susulan. Karena terjadi di darat, maka gempa bumi tidak berpotensi Tsunami,” pungkasnya.

BMKG mengimbau agar masyarat tetap tenang dan tidak mudah percaya kabar gempa bumi susulan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Kami mengimbau agar masyarakat di Bima tetap tenang dan tidak terpancing kabar yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.” imbaunya. (sat)

RELATED ARTICLES
spot_img
Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -