Mataram dan Dua Kabupaten Dilanda Banjir, Ratusan Warga Mulai Mengungsi

Mataram, Lombok Barat, Lombk Tengah

56
Beberapa wilayah di Kelurahan Kekalik terendam banjir

HarianNusa.com, Mataram – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Mataram dan sekitarnya, menimbulkan bencana banjir. Banjir tidak hanya dialami warga Kelurahan Kekalik, Mataram, namun beberapa wilayah di Pulau Lombok turut tergenang banjir pada Senin (12/6) tadi.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Banjir terjadi di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah. Di Kota Mataram, banjir menerjang Kelurahan Kekalik Kijang, Jalan Panji Tilar, Jalan Swasembada, Kelurahan Mapak dan Kelurahan Sekarbela.

Sementara di Kabupaten Lombok Barat, banjir menerjang Desa Labu Api dan Desa Lembuak. Di Lombok Tengah banjir menerjang Desa Bagu.

Menurut Kepala BPBD NTB, Ir. H. Muhammad Rum, dampak hujan yang turun mulai pukul 13.00 Wita hingga 19.00 Wita, dan ditambah adanya awan Comulunimmbus menimbulkan curah hujan yang cukup lebat.

“Banjir disebabkan tingginya curah hujan dan drainase tidak dapat menampung run off yang ada,” ujarnya.

Sementara di Desa Labu Api, banjir menggenangi rumah penduduk. Sebanyak 340 kepala keluarga di Dusun Paok Dodol diungsikan akibat diterjang banjir. Warga mengungsi di tempat-tempat yang tidak tergenang banjir, seperti masjid dan rumah keluarga.

“Saat ini kita sudah inventarisasi terhadap penduduk maupun sarana prasarana masyarakat dengan dibantu Tagana, TNI dan Polri,” jelasnya.

Selain itu, petugas gabungan juga telah memasang karung pasir di beberapa titik yang dilanda banjir. Hingga saat ini banjir masih menggenangi beberapa tempat. (sat)

iklan[/caption]</div>        </div>


        <footer>
                        
            <div class=