Dalam Tiga Hari Pulau Lombok akan Diguyur Hujan Ringan, ini Penyebabnya

113
Siklus cuaca di Indonesia. (ist/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Kondisi cuaca di Pulau Lombok akhir-akhir ini kerap mendung hingga hujan ringan. Kondisi tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga tiga hari ke depan. Hal tersebut berdasarkan analisis cuaca Stasiun Meteorologi (Stamet) Bandara Internasional Lombok (BIL).

Menurut Forecaster Stamet BIL, Maria Carine, penyebab perubahan cuaca di Pulau Lombok berdasarkan mata angin dari model Australia, akibat adanya pusaran angin tertutup di sebelah barat Pulau Kalimantan yang menyebabkan tertariknya massa udara ke wilayah tersebut. Hal tersebut menyebabkan menurunnya kecepatan angin di wilayah Pulau Lombok, khususnya bagian barat dan tengah.

“Penurunan kecepatan angin yang disebut sebagai konvergensi ini mendukung terjadinya pertumbuhan awan di wilayah Pulau Lombok, khususnya bagian barat dan tengah,” ujarnya, Sabtu (8/7).

Berdasarkan data kelembapan udara di Pulau Lombok, mencapai 850 hingga 700 milibar, hal ini menunjukan bahwa kondisi Pulau Lombok cukup lembab. Ini menjadi penyebab beberapa wilayah di Pulau Lombok diguyur hujan dengan intensitas ringan.

” Hal tersebut berdampak pada terjadinya hujan dengan intesitas ringan di wilayah Pulau Lombok, dan diprediksi dalam 3 hari ke depan cuaca di wilayah Lombok dan sekitarnya berawan hingga hujan ringan,” jelasnya. (sat)