fbpx
23 C
Mataram
Jumat, Februari 26, 2021
Update Covid-19 Indonesia
1,314,634
Total Kasus
Updated on 26/02/2021 8:30 am
Beranda Headline Intelijen: Pendukung Paham Garis Keras di NTB Capai Ribuan Orang

Intelijen: Pendukung Paham Garis Keras di NTB Capai Ribuan Orang

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Pendukung paham aliran garis keras atau radikal di NTB capai ribuan orang. Mereka disebut sel tidur. Pendukung tapi tidak bergerak. Rabu, (12/7).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) NTB, Tarwo Kusnarno . Menurutnya dibutuhkan upaya serius untuk menjaga kelompok tersebut tidak bangkit.

“Catatan kami banyak sekali, kita upayakan agar mereka tidak bangkit,” ungkapnya usai rapat koordinasi dan silaturahmi Forkompinda, di Ruang Rapat Pendopo Gubernur NTB.

- Advertisement -

Penyebaran mereka, lanjut Tarwo masih secara berkelompok. Baik di Pulau Lombok maupun Sumbawa. Sementara untuk kuantitas, Pulau Sumbawa menjadi tempat penyebaran terbanyak.

“Kalau di Pulau Lombok, ada di Lombok Timur, lumayan juga jumlahnya,”sebutnya

Ia mengharapkan agar masyarakat NTB selalu berhati-hati terhadap simpatisan aliran garis keras tersebut. Karena beberapa dari kelompok yang ada, sudah terang-terangan mendukung ISIS.

Terkait dengan sejarah masuknya aliran garis keras ke NTB? Tarwo menjelaskan bahwa asal gerakannya dimulai tahun 1980, saat kejadian di Lampung. Menurutnya, kejadian 1980 di Lampung juga melibatkan orang NTB, yang kemudian pulang dan menyebarkan kembali aliran tersebut di NTB.

“Kejadian di Lampung ada Warga NTB juga, dia pulang membuat kelompok-kelompok lagi,” tuturnya. (sta)

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Puluhan Wartawan di NTB Ikuti UKW

HarianNusa.com, Mataram - Puluhan wartawan dari berbagai media baik online, cetak, dan radio di Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang...

Jalin MoU Dengan NSU Cheonan, Dobrak Iklim Pendidikan Indonesia-Korea di Tengah Pandemi

HarianNusa.com, Jakarta - Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA LIA) Jakarta melakukan penandatanganan kerja sama dengan Namseoul University (NSU), Cheonan, South Korea, Kamis (18/2/2021). MoU...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia