fbpx
23 C
Mataram
Rabu, Desember 2, 2020
Update Covid-19 Indonesia
543,975
Total Kasus
Updated on 02/12/2020 6:16 am
Beranda NTB Pertunjukan Tari Rudat sebagai Perpisahan Peserta dengan Maestro dalam Kegiatan BBM 2017

Pertunjukan Tari Rudat sebagai Perpisahan Peserta dengan Maestro dalam Kegiatan BBM 2017

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Lombok Utara – Program Belajar Bersama Maestro (BBM) 2017 oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repubik Indonesia, di mana Zakaria, selaku Maestro Tari Rudat 2017 telah berakhir. Pementasan tari Rudat dengan peserta sebagai penari menjadi pentas perpisahan peserta dengan sang Maestro. Senin, (24/7).

Dari pantauan HarianNusa.com, pertunjukan yang dimulai pukul 17.30 itu berlangsung sangat meriah, dengan disaksikan ratusan warga.

Selain menampilkan tari Rudat, pada kesempatan yang sama, peserta juga menyuguhkan tari kreasi dan tari Teater yang mereka garap secara mandiri di sela-sela kesibukan belajar dan berlatih tari Rudat.

- Advertisement -

Zakaria, selaku Maestro, menyampaikan perasaan bahagia dan haru harus berpisah dengan para peserta—yang disebutnya sebagai anak angkat. Menurutnya, dua minggu bersama para peserta merupakan momen yang sangat berharga, di mana ia bisa menyampaikan kepada 20 anak angkatnya, bahwa kesenian, khususnya tari Rudat, memiliki makna filosopis yang dalam dan berarti untuk kemaslahatan masyarakat.

Selain itu, Abi Jack—sapaan akrab peserta untuk Zakaria—juga menyampaikan permohonan maaf seandainya ada kekurangan pada proses pelaksanaan BBM 2017 tersebut. Hal yang disampaikannya dengan cara berpantun “tak ada gading yang tak retak.”

Abi Jack berharap, nanti setibanya para peserta di daerah masing-masing, bisa mengaplikasikan, bahkan menularkan nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung pada tari Rudat kepada masyarakat lingkungan tempat tinggal.

Untuk diketahui, selain melibatkan seniman lokal—kelompok musik Balck Bird dan Penyair Imam Safwan—Abi Jack juga mengajak Mahasiswa Teater asal Malaysia untuk berkolaborasi, dengan melibatkan mereka sebagai penata rias dan kostum. (sta)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

KPK Minta Aset Pemprov NTB di Gili Trawangan Ditertibkan

HarianNusa.com, Lombok Utara - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta aset-aset milik Pemerintah Provinsi NTB yang ada di Gili Trawangan mulai di tertibkan. Pasalnya, pengelolaan...

Gubernur Sambut Baik Kerjasama NTB dengan Northern Territory

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut baik kerjasama yang terjalin antara Provinsi NTB dengan Northern Territory (NT), salah satu wilayah federal...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia