Pendaki yang Hilang di Rinjani, Diselamatkan Penggembala Sapi

663

HarianNusa.com, Mataram – Pendaki asal Jakarta yang dikabarkan hilang di Rinjani, akhirnya ditemukan dengan selamat. Siti Mariam (30) diselamatkan oleh seorang penggembala sapi.

Korban ditemukan oleh Suhaldi, pria asal Sembalun Lawang pada pagi tadi sekitar pukul 07.00 Wita, Rabu (2/8). Korban ditemukan di daerah Abangan, sekitar 1,5 km sebelah selatan jalur pendakian antara gerbang – pos 1 Sembalun.

“Ditemukan dengan selamat pagi tadi,” ujar Joko dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Wanita asal Cakung, Jakarta Timur ini ditemukan dalam keadaan lemah dan pucat, karena korban sudah tidak makan dan minum sejak hari Minggu.

“Saat keluar jalur hari Minggu lalu, korban coba berteriak memanggil temannya, tapi tidak terdengar sehingga korban mencoba berjalan terus menuju lampu-lampu rumah warga yang tampak dari atas,” ungkapnya.

Korban pun bertemu Suhaldi. Ia kemudian dibawa ke rumah warga di Bawak Nao, kemudian dievakuasi ke dokter untuk pemeriksaan medis.

Sebelumnya korban mendaki dengan rombongan berjumlah 28 orang. Rombongan berangkat melalui jalur Sembalun sejak Jumat, (28/7) kemarin.

Minggu (30/7) dini hari, rombongan menuju puncak dan kembali ke Pelawangan sekitar pukul 09.00 Wita. Saat itu baru diketahui bahwa korban telah menghilang. Saat ini petugas terus melakukan pencarian pada korban. (sat)