fbpx
23 C
Mataram
Minggu, November 1, 2020
Update Covid-19 Indonesia
410,088
Total Kasus
Updated on 01/11/2020 1:56 am
Beranda Hukum & Kriminal Bencana Kekeringan akan Melanda NTB, Satgas Bencana Alam “Turun Gunung”

Bencana Kekeringan akan Melanda NTB, Satgas Bencana Alam “Turun Gunung”

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Polda NTB membentuk Satuan Tugas (Satgas) Bencana Alam. Terbentuknya Satgas tersebut untuk mengantisipasi dampak dari musim kemarau yang melanda NTB.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Dra Tri Budi Pangastuti mengatakan telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangani persoalan kekeringan saat musim kemarau melanda NTB.

“Kita sudah buat Satgas Bencana Alam. Tiap-tiap Polres memiliki AWC (Armor Water Canon) untuk menyuplai air pada masyarakat. Kita juga berkoordinasi dengan instansi terkait,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Jumat (18/8).

- Advertisement -

Bencana kekeringan di musim kemarau kerap terjadi setiap tahunnya. Sehingga hal tersebut diantisipasi dengan menyiapkan Satgas sejak jauh hari. Sementara hampir seluruh Polres telah memiliki AWC untuk mengantisipasi kekeringan.

Polda NTB juga mengantisipasi dampak tindak kejahatan saat musim kemarau nanti. Sehingga setiap kabupaten disiagakan aparat untuk mengantisipasi tingkat kerawanan.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) NTB telah mengeluarkan peringatan dini kekeringan. Peringatan dini tersebut berdasarkan pantauan BMKG terkait data curah hujan dan kondisi dinamika atmosfer bahwa hampir seluruh wilayah NTB berada pada periode musim kemarau.

BMKG juga mengeluarkan prediksi wilayah di NTB yang terancam tidak diguyur hujan selama satu bulan lebih. Wilayah-wilayah tersebut yakni, Kabupaten Bima: Bolo (48 hari), Lambu (46 hari), Sape 2 (105 hari), Soromandi (47 hari), Wawo (34 hari).

Kabupaten Dompu: Pajo (48 hari); Lombok Timur: Sambelia ( 85 hari); Kabupaten Lombok Utara : Gangga (34 hari), Pemenang (35 hari), Pemenang Timur (34 hari), Tanjung (40 hari); Kabupaten Sumbawa : Labuhan badas (63 hari). (sat)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Kunjungi Sumbawa, Wagub Semangati Para Nakes

HarianNusa.com, Sumbawa - Rumah Sakit menjadi salah satu garda terpenting dalam penanganan Covid-19. Tidak sedikit tenaga kesehatan yang menjadi korban wabah ini. Oleh karena...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Dialog Langsung dengan Masyarakat, Gubernur NTB Blusukan ke Desa Terpencil di Sumbawa dan KSB

HarianNusa.com, Sumbawa - Bukan sesuatu yang baru, Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah datang langsung menyapa masyarakat di pelosok desa dan dusun di Provinsi NTB. Tak jarang,...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia