fbpx
23 C
Mataram
Minggu, Januari 24, 2021
Update Covid-19 Indonesia
977,474
Total Kasus
Updated on 23/01/2021 10:29 pm
Beranda Headline Rinjani Terbakar, 60 Hektar Lahan Dilalap Api

Rinjani Terbakar, 60 Hektar Lahan Dilalap Api

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Sekitar 60 hektar lahan di kawasan wisata Gunung Rinjani dilalap api. Kebakaran terjadi sekitar pukul 17.30 Wita, Senin (21/8). Informasi tersebut disampaikan pengunjung melalui telepon pada pihak Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

TNGR kemudian menyiapkan regu pemadam kebakaran sebanyak delapan orang dibantu oleh Tim Satgas Rinjani bersih sebanyak delapan orang. Sebanyak 16 tim kemudian melakukan pemadaman terhadap api.

Vegetasi yang terbakar yakni rumput kering, pohon cemara dan bakbakan di sekitar kawasan tersebut.

- Advertisement -

Kepala TNGR, Agus Budi Santoso mengatakan hingga pukul 00.45 Wita api belum kunjung dapat dipadamkan. Sehingga petugas kembali mengerahkan personel tambahan dalam memadamkan api tersebut.

“Api belum kunjung dipadamkan hingga pukul 00.45 Wita, sehingga dilakukan penambahan personel untuk memadamkan api,” ujarnya melalui pesan singkat yang diterima, Selasa (22/8).

Pukul 03.00 wita dini hari api yang mengarah ke Pelawangan – Sembalun berhasil dipadamkan. Tim pemadam masih berupaya memadamkan api ke arah pos tiga. Sementara pendaki dievakuasi menjauh dari pos tiga.

Sementara kendala yang dialami dalam melakukan pemadaman yakni kurangnya penerangan yang dimiliki petugas dan lokasi yang terjal yang dilalui petugas.

“Kendala sementara senter/penerangan yang kurang dan lokasi yang terjal serta curam ke arah sungai dan diperkirakan sungai sebagai sekat bakar alami sehingga api akan mati sendiri setelah sampai sungai,” ungkapnya. (sat)

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Persediaan Pupuk di NTB Aman hingga 2,5 Bulan Kedepan

HarianNusa.com, Mataram - Persediaan pupuk di Nusa Tenggara Barat hingga 2,5 bulan ke depan sangat aman. Hal tersebut ditegaskan Superintendent Kantor Pemasaran Pupuk Kaltim...

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Unram Kembali Terapkan WFH

HarianNusa.com, Mataram - Universitas Mataram (Unram) kembali memberlakukan penyesuaian sistem kerja untuk mengantisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19. Dimana hal tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) terbaru...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia