Persiapan Pilgub NTB, Polisi Latihan Antisipasi Bentrokan

24
Simulasi siaga bentrok Pilgub NTB 2018 digelar Polda NTB. (ist/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Guna menyambut Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2018 mendatang, Polda NTB melakukan latihan pengendalian massa. Simulasi tersebut akan dilakukan setiap minggu hingga mendekati Pilgub NTB nantinya.

Simulasi tersebut bertujuan jika saat Pilgub NTB nanti terjadi keributan di tengah masyarakat. Untuk itu polisi berlatih keras untuk mencegah keributan yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Personel yang mengamankan pesta demokrasi nanti dibentuk langsung oleh Kapolda NTB, Brigjen Pol Drs Firli. Personel tersebut menamakan diri Kompi Kerangka Polda NTB.

Kabag Binlat Ro Ops Polda NTB, AKBP Nyoman Supartana, mengatakan pada seluruh anggota yang tergabung dalam Kompi Kerangka untuk selalu rutin berlatih.

“Diingatkan kembali, seluruh personel yang sudah ditunjuk dalam Kompi Kerangka agar latihan besok,” ujarnya, Selasa (22/8).

Latihan tersebut akan dilakukan setiap minggu, tepatnya pada hari Rabu. Latihan tersebut merupakan perintah langsung Kapolri yang dilakukan secara berjenjang.

“Ini perintah Kapolri secara berjenjang. Melalui Asisten Operasional Kapolri yang memerintah Kapolda, kemudian diteruskan pada Wakapolda untuk mengubungi Karo Ops,” jelasnya.

Dalam latihan tersebut, polisi yang berseragam dan dilengkapi tameng dan pentungan akan menghalau lemparan polisi yang berpakaian sipil. Petugas berusaha untuk memukul mundur massa yang beringas tersebut.

Meskipun dipukul mundur petugas, massa dari jauh kembali melempar petugas dengan gelas air mineral. Hingga petugas kembali menekan massa dan melakukan penangkapan dan pengamanan. (sat)

iklanbebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online