Tampilkan Budaya Sasak, Sekda NTB Apresiasi Festival Masbagik II

43
Sekda NTB Rosiyadi H Sayuti saat membuka secara langsung Festival Masbagik II 2017. (ist/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Lombok Timur – Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Rosiyadi H Sayuti mengapresiasi gelaran Festival Masbagik II yang menampilkan kekayaan tradisi masyarakat Sasak.

Hal itu disampaikan Sekda NTB tersebut saat membuka secara langsung Festival Masbagik II 2017 yang berlangsung di Lapangan Gotong Royong, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur. Jumat, (25/8).

Menurut Rosiyadi, kegiatan-kegiatan yang bermuatan budaya tradisi tersebut harus lebih sering diadakan, karena bagaimanapun, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tradisi perlu diketahui oleh generasi muda saat ini. Dan salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti yang dilakukan para pemuda di Kecamatan Masbagik tersebut.

Selain mengapresiasi konten kegiatan yang ditampilkan, Ros, sapaan akrab Sekda NTB ini juga menyampaikan kebanggaannya, sebab, yang menginisiasi kegiatan tersebut adalah para pemuda.

“Pemuda sudah saatnya menjadi garda terdepan dalam mempertahankan kekayaan tradisi dan budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat NTB,” ujarnya.

Selanjutnya, Ros menyampaikan bahwa keragaman budaya leluhur masyarakat sasak, bila dikembangkan dengan baik juga dapat memberikan banyak manfaat, khususnya dalam menunjang pembangunan sektor pariwisata di NTB. Untuk itu, ia mengimbau agar kegiatan budaya tersebut terus dilestarikan, dikembangkan dan dipromosikan secara serius.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Masbagik II Tahun 2017 tesebut dijadwalkan berlangsung selama sepekan, (23-29/8), dengan diisi oleh beragam seni budaya sasak, seperti Lomba Belanjakan, Balap Becak, Begasingan dan beberapa tradisi lainnya yang hidup di tengah-tengah masyarakat Sasak. (sta)