Banyak Desa di Lombok Utara Masih Krisis Air Bersih

72
Bantuan air bersih mendatangi warga di Desa Sigar Penjalin. (ist/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Lombok Utara – Memasuki musim kekeringan di NTB berdampak pada kurangnya air bersih. Beberapa desa di Kabupaten Lombok Utara masih krisis pasokan air bersih. Hal tersebut menginisiasikan Dinas Sosial Lombok Utara, BPBD Lombok Utara dan Polres Lombok Utara membagikan air bersih pada masyarakat.

Sebanyak tiga unit kendaraan tengki berisi air bersih tiba Dusun Ranggot Barat dan Dusun Ranggot Timur, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Kamis (24/8). Kendaraan tengki tersebut membawa pasokan air bersih bagi masyarakat yang kesulitan mendapat pasokan air.

Tengki air bersih tersebut dibagikan ke masing-masing warga dan bak-bak pengisian air di dusun. Warga berbondong-bondong membawa jerigen dan ember untuk memperoleh pasukan air tersebut.

Kepala BPBD Lombok Utara, Iwan Maret Asmara, mengatakan telah menyediakan seribu tengki air bersih untuk memenuhi pasokan air bagi masyarakat.

“Kita telah menyediakan seribu tengki air bersih untuk masyarakat,” ujarnya.

Dia mengatakan sebanyak 88 titik kekeringan tersebar di KLU. Di Kecamatan Pemenang sebanyak empat titik, Kecamatan Tanjung sembilin titik, Kecamatan Gangga 14 titik, Kecamatan Kayangan 25 titik dan Kecamatan Bayan 36 titik.

Sebelumnya, pemerintah setempat telah memberikan bantuan berupa pipa dan bak-bak penampung air. Namun banyak yang belum berfungsi lantaran musim kekeringan. (sat)

iklanbebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online