Idul Adha: TGB Singgung Pembantaian Muslim Rohingya

146
TGB saat silaturahmi dengan penghuni Lapas Mataram 2016 lalu. (satria/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Gubernur NTB TGH M. Zainul Majdi atau akrap disapa Tuan Guru Bajang (TGB) melaksanakan sholat ied Idul Adha 1438 Hijriyah di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center Mataram, Jumat (1/9). 

Gubernur dengan didampingi istrinya Hj Erica Zainul Majdi dan Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin mengajak seluruh masyarakat muslim untuk berkurban. Ia juga mengimbau masyarakat NTB untuk memahami nilai-nilai berkurban sebagaimana yang diajarkan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

Selain itu, TGB juga menyinggung soal pembantaian etnis Rohingya di Myanmar. Menurutnya, peristiwa kemanusiaan yang terjadi pada masyarakat muslim Rohingya merupakan penderitaan masyarakat muslim dunia.

“Kalau ada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, maka kita wajib merasakannya. Tetapi tidak hanya sekedar merasakannya, kita ulurkan tangan untuk membantu mereka,” ujar TGB dihadapan jamaah sholat ied.

TGB meminta masyarakat muslim di NTB untuk memberikan bantuan pada muslim Rohingya. Diketahui, militer Myanmar dengan dibantu perwira Budha melakukan pembantaian terhadap etnis Rohingya dengan dalih memberantas kelompok militan. Ratusan anak-anak dan perempuan dibantai secara brutal. (ast)