TGB: Harusnya Pariwisata Tidak Hanya Tentang Jumlah Kunjungan

80
TGB saat menjadi pembicara pada Event LITEC. (dok. istimewa)

HarianNusa.com, Mataram – Gubenur NTB DR TGH M. Zainul Majdi, MA atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) menyampaikan untuk tahun-tahun mendatang, pariwisata NTB tidak hanya fokus pada jumlah kunjungan wisatawan, tapi bagaimana masyarakat bisa bertukar gagasan dan saling belajar tentang budaya masing-masing.

“Membangun pariwisata tidak sekedar bagaimana mengeksplorasi potensi keindahan daerah kita untuk meningkatkan jumlah turis. Melainkan ke depan, adalah bagaimana mencari dari sisi pariwisata itu, ada pertukaran gagasan dan ada proses belajar satu sama lain, sehingga dapat mencerdaskan masyarakat,” katanya, Minggu, (17/9).

Hal tersebut disampaikan TGB saat menjadi pembicara pada ajang Lombok 1st Internasional Edu Tourism Conference (LITEC) 2107, yang bertempat di Hotel Golden Palace Mataram.

Event internasional tesebut merupakan gagasan Universitas Hamzanwadi Lombok Timur bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia dan Pemerintah Provinsi NTB.

Pentingnya pertukaran gagasan dan saling belajar silang budaya, terang TGB merupakan hal yang sangat penting, mengingat fakta beragamnya budaya yang ada, baik di Indonesia maupun mancanegara.

“Jadi keragaman yang kita miliki tidak terhitung banyaknya. Terlebih keragaman di Indonesia, sangatlah banyak dari semua sisi” ujarnya.

TGB menambahkan, selain penting untuk perkembangan wawasan masyarakat, saling belajar budaya merupakan pengejawantahan dari ajaran islam yang terkandung di dalam Alquran Surat Al Hujarat, yang mengajarkan lita’aruf. Yakni agar kita satu sama lain saling mengenal. (sta)

iklanMaulid Fraksi PKS 2017