fbpx
23 C
Mataram
Rabu, Januari 20, 2021
Update Covid-19 Indonesia
927,380
Total Kasus
Updated on 20/01/2021 5:44 am
Beranda Headline Kemiskinan Menjadi Penyumbang Ribuan Warga NTB Gangguan Jiwa

Kemiskinan Menjadi Penyumbang Ribuan Warga NTB Gangguan Jiwa

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sebanyak 9.800 warga NTB mengalami gangguan jiwa. Hal tersebut diungkapkan Direktur RSJ Mutiara Sukma, Hj. Elly Rosila Wijaya, Selasa (10/10).

 “Angka gangguan jiwa di NTB sebanyak 9.800 orang berdasarkan hasil Riskesdas 2013. Dari jumlah tersebut 14,3 persennya sudah pernah dipasung,” ujar dr. Elly.

Menurutnya, gangguan jiwa tersebut disebabkan beberapa faktor. Kemiskinan menjadi faktor utama seseorang mengalami depresi dan berujung pada gangguan jiwa.

- Advertisement -

“Depresi dan stres bisa disebabkan faktor ekonomi, lingkungan, adanya bullying, beban kerja dan lainnya,” ungkapnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 577 orang yang mengalami gangguan jiwa diperlakukan dengan diskriminasi, melalui pemasungan. Jumlah tersebut setara dengan 14,3 persen.

Akutnya masalah kemiskinan membuat seseorang mengalami depresi dan gangguan jiwa. Lantaran tidak memiliki biaya, kebanyakan korban gangguan jiwa hanya dirawat di rumah dan bahkan dipasung pihak keluarga agar tidak mengganggu masyarakat.

Saat ini pihak rumah sakit dan instansi terkait mengupayakan NTB bebas dari pasung. Setiap keluarga orang yang mengalami gangguan jiwa akan diberi imbauan untuk tidak memasung anggota keluarganya, melainkan melakukan upaya penyembuhan pada RSJ.

Kerjasama juga akan dilakukan pada Puskesmas, untuk melayani setiap pasien yang mengalami gangguan jiwa. Sehingga tidak perlu jauh-jauh berobat. Pihak keluarga juga diharapkan tidak menyembunyikan keluarganya yang mengalami gangguan jiwa, sehingga dapat diupayakan penyembuhan.

“Ini ada kecenderungan pihak keluarga menyembunyikan anggota keluarganya yang mengalami gangguan jiwa,” pungkasnya. (sat)

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Dewan Syariah PKS Keluarkan Anjuran Vaksinasi Covid-19

HarianNusa.com, Jakarta - KH. DR. Surahman Hidayat, Ketua Dewan Syariah Pusat DPP PKS, hari ini (14/1/2020) mengeluarkan bayan (penjelasan) dan anjuran untuk melakukan vaksinasi...

KEK Mandalika dan MotoGP Harus Mampu Menggeliatkan Perekonomian Rakyat

HarianNusa.com, Lombok Tengah - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan bahwa sebelum event MotoGP digelar pada bulan Oktober-Nopember mendatang, maka setiap minggu...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia