fbpx
23 C
Mataram
Minggu, Januari 24, 2021
Update Covid-19 Indonesia
977,474
Total Kasus
Updated on 23/01/2021 11:29 pm
Beranda Headline Balon Kades Padak Guar Lotim Digugurkan, Pendukung Gelar Demo

Balon Kades Padak Guar Lotim Digugurkan, Pendukung Gelar Demo

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Lombok Timur – Tiga orang bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur digugurkan oleh Panitia Pilkades. Ketiganya digugurkan lantaran tidak memenuhi administrasi sebagai syarat maju Pilkades.

Atas putusan panitia tersebut, dua kubu Balon Kades yang digugurkan, yakni kubu Sapto Budiyono Sudarmadji dan Supardi menggelar aksi demonstrasi damai di Kantor Desa Padak Guar, Senin (23/10).

Sekitar 100 pendukung dua kubu Balon Kades yang digugurkan menggelar demonstrasi, termasuk dua orang Balon Kades yang digugurkan. Aksi demo tersebut mendapat pengawalan Polres Lombok Timur. Massa mempertanyakan kebijakan panitia menggugurkan Balon Kades tersebut.

- Advertisement -

Massa ditemui langsung oleh Ketua Panwascam Sambelia, Adam dan Ketua Pilkades, Burhanuddin SH. Di hadapan massa, Ketua Panwascam Sambelia mengatakan Balon Kades yang digugurkan tersebut berdasarkan hasil verifikasi panitia sesuai dengan Peraturan Bupati Lombok Timur.

“Di Desa Padak Guar ada enam orang bakal calon yang mendaftar dan tiga orang digugurkan karena tidak memenuhi syarat. Pada 12 Oktober saat sidang pleno untuk administrasinya ternyata belum lengkap,” ujar Ketua Panwascam Sambelia.

Sementara seorang Balon Kades, Supardi protes terkait persyaratan untuk maju. Ia mengatakan telah memunuhi persyaratan untuk mendaftar seperti surat lamaran bertulis tangan, pas foto empat lembar, surat keterangan bebas narkoba dan surat dari Pengadilan Negeri Selong. Namun persyaratan yang diajukan tetap membuatnya digugurkan.

Protes tersebut ditanggapi Ketua Panitia Pilkades, Burhanuddin. Menurutnya, Supardi tidak melegalisir foto copy KTP dan foto copy kartu keluarga. Supardi juga hanya mampu mengumpulkan 73 KTP, jauh dari syarat yang berlaku sesuai ketentuan Perbup Lombok Timur. Bahkan KTP yang dikumpulkan terdapat KTP dari luar desa dan KTP yang telah mati.

Sementara Balon lainnya, Sudarmaji juga tidak lulus verifikasi karena beberapa administrasi sebagai syarat mencalonkan diri tidak terpenuhi.

“Kami sudah berusaha menghubugi Bapak Sudarmaji, tapi saudara tidak pernah datang dan yang datang cuma istri bapak dan saya sampaikan keputusan sesuai dengan hasil panitia,” ucapnya.

Kapolres Lombok Timur, AKBP M. Eka Fathurrahman SH., SIK, yang hadir saat demonstrasi tersebut juga menengahi kedua kubu. Ia berharap agar massa dapat menyikapi persoalan tersebut dengan kepala dingin. Jika warga mendapat adanya kecurangan atau ketidaksesuaian dalam proses verifikasi, maka dapat melaporkannya pada polisi.

“Saya minta kita selesaikan dengan kepala dingin dan sudah disampaikan kepada ketua panitia. Kalau unek-unek bapak-bapak tidak sesuai dengan pleno dan silahkan laporkan ke pihak Kepolisian. Ada jalur hukumnya. Saya minta kepada seluruh Balon untuk komunikasi langsung sama saya dan saya tidak mau ada dusta di antara kita,” imbaunya.

Hasil kesimpulan mediasi tersebut, pada 26 Oktober 2017 akan dilakukan rapat koordinasi Paswascam dan Panitia Pilkades Desa Padak Guar untuk membahas tuntutan tersebut. Apabila Balon tetap digugurkan, maka diharapkan dapat menempuh jalur hukum. (sat)

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Persediaan Pupuk di NTB Aman hingga 2,5 Bulan Kedepan

HarianNusa.com, Mataram - Persediaan pupuk di Nusa Tenggara Barat hingga 2,5 bulan ke depan sangat aman. Hal tersebut ditegaskan Superintendent Kantor Pemasaran Pupuk Kaltim...

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Unram Kembali Terapkan WFH

HarianNusa.com, Mataram - Universitas Mataram (Unram) kembali memberlakukan penyesuaian sistem kerja untuk mengantisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19. Dimana hal tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) terbaru...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia